Hingga Juni Ini PT NHM Telah ‘Bedah’ 130 Rumah di Lingkar Tambang

Halmahera Utara – PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), yang bertempat di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, kini melalaui program “Bedah Rumah”, telah meringankan kehidupan masyarakat yang berada di lingkar tambang.

Pasalnya, hingga awal Juni 2022 ini, tercatat sebanyak 130 rumah penduduk di desa-desa lingkar tambang PT NHM telah dibantu dalam program Bedah Rumah tersebut. Dimana, rumah ke-130 yang dibantu tersebut adalah rumah milik Melkius Hongot di Desa Sasur, Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara.

Rudianto Palebangan, Penanggung Jawab Program Bedah Rumah PT NHM, menuturkan sampai saat ini rumah-rumah penduduk yang telah dibantu untuk dibangun kembali, atau direnovasi tersebut tersebar di Kecamatan Kao sebanyak 34 rumah, Kecamatan Kao Utara 20 rumah, Kecamatan Kao Barat 39 rumah, Kecamatan Malifut 19 rumah dan Kecamatan Kao Teluk 18 rumah.

Baca Juga :  Saat Presiden Jokowi Nikmati Kelapa Muda di Bendungan Sepaku

“Sementara itu, sebanyak 21 rumah sedang dalam tahap pengerjaanya yang juga berada di desa-desa lingkar tambang PTNHM,” kata Rudi menambahkan.

Menariknya, semenjak saham mayoritas (75%) diambil alih dari Newcrest Mining Ltd oleh Indotan Group, yang dipimpin oleh Haji Robert Nitiyudo. Program bedah rumah penduduk di lingkar tambang pun dapat diprioritaskan.

“Rumah-rumah yang dibantu adalah rumah-rumah yang tadinya dinilai tidak layak huni, baik dari aspek keselamatan maupun kesehatan, menjadi rumah yang kokoh, nyaman dan sehat,” Tambah Rudi

Bahkan, program ini dianggap sangat terbuka. Sebab, pihak PT NHM bahkan sampai bekerjasama dengan Pemerintah Desa se-lingkar tambang, masyarakat, dan juga dengan Departemen Kinerja Sosial PTNHM.

Baca Juga :  T-Koes Band Hadiri Undangan Podcast Trikarya Coop

Manajer Komunikasi PTNHM, Ramdani Sirait menambahkan, PTNHM menaruh perhatian sangat besar dalam upaya memastikan terciptanya kesejahteraan masyarakat lingkar tambang.

Di bawah kepemimpinan Haji Robert Nitiyudo sebagai pemililk saham mayoritas dan sebagai Presiden Direktur PTNHM, tetap menjalankan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), seperti yang digariskan oleh Pemerintah melalui Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Minerals.

“Namun, selain program-program PPM, Haji Robert Nitiyudo menginstruksikan Manajemen PTNHM untuk melakukan program lainnya untuk masyarakat. Selain program bedah rumah, program lain yang dilakukan adalah program bantuan kesehatan yaitu membantu masyarakat yang menderita penyakit parah dan mengancam jiwa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, santunan bagi anak yatim, yatim piatu, para janda, lanjut usia dan kaum dhuafa,” kata Ramdani.

Baca Juga :  T-Koes Band Hadiri Undangan Podcast Trikarya Coop

Juga ada perhatian khusus untuk membantu memperbaiki atau membangun kembali rumah-rumah ibadah yaitu masjid dan gereja.

Dengan program-program ini, PTNHM ingin mengimplementasikan semangat perusahaan saat ini yaitu Menambang dengan Hati.

Pos terkait