Hingga 2021 Pekon se-Tanggamus Miliki Ambulans

  • Whatsapp

KOTA AGUNG- Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menghadiri Apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Tanggamus di Lapangan Pemkab Tanggamus, Kamis (28/11).

Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan tema HKN Ke-55 Tahun 2019, yaitu Generasi Sehat, Indonesia Unggul, sangat sesuai dan sinergis dengan Visi Tanggamus yaitu Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera.

“Pemkab Tanggamus mengutamakan pelayanan yang langsung menyentuh masyarakat khususnya bidang Kesehatan. Kebijakan ini tertuang dalam 55 AKSI DESA ASIK,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan kebijakan dan pelaksanaan dibidang kesehatan yang sedang dan telah dilakukan diantaranya:

Pengadaan Alat Ultrasonography (USG) bagi Puskesmas Rawat Inap. Untuk tahun 2019 pengadaan alat USG didistribusikan kepada 5 UPT Puskesmas Rawat Inap, dan secara bertahap akan diupayakan agar seluruh Puskesmas Rawat Inap di Kabupaten Tanggamus, terutama daerah terpencil dan jauh dari Rumah Sakit akan dilengkapi dengan peralatan USG. Sehingga diharapkan dengan adanya peralatan USG tersebut dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan dapat menekan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

Baca Juga :  Door To Door DPD KNPI Bagikan Daging Qurban

Pengadaan kendaraan Mobil Ambulans dan Mobil Puskesmas Keliling bagi UPTD Puskesmas. Untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan pelayanan kendaraan ini, pelayan masyarakat dapat lebih optimal, terlebih telah didukung pula dengan Ambulans Pekon yang pada tahun 2019 telah diadakan pada 100 Pekon. Secara bertahap setiap tahunnya sampai dengan tahun 2021 seluruh pekon di Tanggamus akan miliki Ambulans Pekon.

Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut, yang diarahkan kepada warga Tanggamus yang berusia lebih dari 65 Tahun. Dalam bentuk pelayanan Kesehatan berupa Home Care (pelayanan di rumah masing-masing) secara periodik dan juga insidentil.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat mengatakan, Pedoman Pelaksanaan HKN ke-55 Tingkat Kabupaten Tanggamus adalah Buku Panduan Hari Kesehatan Nasional 2019 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Dengan tema; Generasi Sehat, Indonesia Unggul.

Baca Juga :  DPRD Waykanan Gelar Paripurna Pengesahan LKPJ APBD 2019

“Tujuan Perayaan HKN sebagai pengingat masyarakat untuk mewujudkan derajat kesehatan dengan lebih memprioritaskan upaya promotif dan preventif kesehatan, menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif,” kata Taufik.

Taufik juga menerangkan rangkaian Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan HKN Ke-55, yakni Seleksi dan Penilaian Tenaga Non Kesehatan Kabupaten Kesehatan Dinas di Teladan Tanggamus, pada tanggal 2 Oktober 2019 – 27 Oktober 2019.

“Seleksi dan Penilaian Tenaga Kesehatan Teladan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, pada tanggal 23 Oktober 2019 – 7 Nopember 2019,” katanya. (lmi)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.