Hasnul Abror Buka Sosialisai SOP Tahun Anggaran 2021

  • Whatsapp

Pesisir Barat : Plh Bupati Pesisir Barat Ir. N. Lingga Kusuma, MP yang diwakili Assisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Hasnul Abror Sanusi, MP membuka langsung acara Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Tahun Anggaran 2021 di Aula Kantor Kecamatan Karya Penggawa, pada Selasa 09 Maret 2021.

Hadir dalam Acara tersebut, Camat Karya Penggawa Cahyadi, Nara Sumber dari Disdukcapil Edison Hakim, Nara Sumber DPMPTSP Indra Gunawan, tokoh masyarakat Kecamatan di Karya Penggawa, Peratin Se-Kecamatan Karya Penggawa, serta Perwakilan dari OPD Kabupaten Pesisir Barat.

Ketua Panitia Pelaksana Standar Operasional Prosedur (SOP) Sri Agustini, S.K.M. menyampaikan hasil laporan terkait dasar Hukum Undang – Undang Pelayanan Publik, Undang – Undang Tentang Pembentukan Kabupaten Pesisir Barat, Undang – Undang Tentang Pemerintahan Daerah, Peratuaran Pemerintah Tentang Perangkat Daerah, Permendagri Tentang SOP di Pemerintah Daerah dan Perbup Tentang SOP di Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat.

Baca Juga :  Bambang Sumbogo Pimpin Rapat Bulanan Ketersediaan Pangan Pesibar

“Maksud dan Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan pelayanan instansi Pemerintah yang efektif dan efisien khususnya SOP Disdukcapil dan DPMPTSP yang diwujudkan dengan melakukan implementasi sosialisasi Standar Oprrasional Prosedur Administrasi Pemerintah (SOP-AP) dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Aparatur Pemerintah dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat,” jelas Sri Agustini.

Dilanjutkan dengan sambutan Plh Bupati Pesisir Barat yang diwakili Assisten III Bidang Administrasi Umum Ir. Hasnul Abror Sanusi, MP. Hasnul Abror menyampaikan bahwa dalam rangka mencapai salah satu Tujuan Nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

“Dimana hal tersebut terkait dengan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, maka Aparatur Pemerintahan sebagai Unsur utama sumber daya manusia Aparatur Pemerintahan mempunyai peran yang sangat strategis dalam mengemban tugas Pemerintahan dan Pembangunan,” tegasnya.

Baca Juga :  lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Gelar Pelatihan Ternak Kambing dan Pembuatan Pupuk Organik

“Sesuai kebijakan peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2011 tentang SOP Pemerintah Daerah dan merupakan arah kebijakan Pemerintah dalam membangun profil dan prilaku ASN yang memiliki integritas, produktifitas dan bertanggung jawab,” jelasnya.

“Tidak hanya itu, ASN jugq harus memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan sesuai dengan kebijakan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 52 tahun 2011 tentang Standar Operasional Prosedur Pemerintah Daerah dan merupakan arah kebijakan Pemerintah,” tegasnya.

“Kegiatan Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) ini dilatar belakangi dalam upaya mewujudkan kinerja pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat yang terukur dan dapat di evaluasi keberhasilannya perlu memiliki pedoman berupa Sosialisasistandar Operasional Prosedur (SOP),” jelas Hasnul Abror.

Baca Juga :  Brakk..!!! Tiang Listrik Timpa Rumah Pengacara

Disamping itu, Sosialisasi juga berguna untuk memberikan informasi yang benar kepada penerima layanan tentang yang harus dilakukan dan juga sebagai sarana penyebar luasan informasi.

Diantaranya pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Melihat pentingnya kegiatan Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP), dimaksudkan melalui kesempatan ini Plh Bupati Pesisir Barat yang diwakili Assisten III Bidang Administrasi umum meminta perhatian kepada saudara untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Standar Oprasional Prosedur Tahun Anggaran 2021 ini dengan serius.

“Sehingga pengetahuan yang telah didapat dari kegiatan ini dapat diterapkan sehingga masyarakat tidak terbebani dan bisa menjalankan aktifitas sebagaimana mestinya,” tutup Hasnul Abror.

Facebook Comments