Harga Lombok Setan di Pemalang Sepedas Harganya, Tembus 90 Ribu Perkilo

  • Whatsapp

PEMALANG – Harga lombok setan semakin pedas di tingkat eceran,Harga lombok berwarna orange keputihan yang dalam kondisi normal antara Rp. 50 ribu – Rp. 60 ribu itu, sekarang tembus di angka Rp. 90 ribu perkilogram.

Salah satu penjual lombok dan jenis sayuran lainnya di Pasar Pagi Pemalang Nanik, 35 menyebut, melonjaknya harga lombok dikarenakan kondisi cuaca yang sering hujan, sehingga di tingkat petani tidak bisa produksi secara maksimal, dampaknya distribusi ke agen atau depot berkurang. “Bunganya rontok jadi tidak berbuah menjadi lombok,” tuturnya, Kamis (14/01/2021).

Menurutnya Nanik , lonjakan harga lombok terutama jenis Lombok Setan terjadi sejak tahun baru kemarin, dimana selain kebutuhan warga meningkat, stok lombok di pasaran berkurang akibat di tingkat petani terjadi gagal panen atau panen tetapi tidak maksimal. “Stok berkurang, kebutuhan banyak

Baca Juga :  PMI Kukar Peduli Kalsel

Selain lombok setan, lanjutnya, jenis lainnya juga mengalami kenaikan. Rawit hijau Rp. 55 ribu perkilogram, lombok merah besar Rp. 35 ribu, naik Rp. 5 ribu dari harga sebelumnya, sedangkan lombok hijau besar harganya Rp.20 ribu perkilogram. “Kalau yang turun tomat, sekarang Rp.8 ribu, sebelumnya mencapai Rp.15 ribu perkilogram,” terangnya.

Dia menambahkan, akibat harganya yang selangit, sekarang tidak bisa ambil atau menyetok barang khususnya lombok setan terlalu banyak. Yang biasanya saat harga normal bisa 10 kg lebih, sekarang hanya sekutar separohnya yakni 5 kg. (Tris/Rd)

Facebook Comments