Gubernur Ansar jadi Irup Peringatan HUT RI Ke-76 di Kepri

  • Whatsapp
Gubernur Ansar saat pengukuhan Paskibraka Kepri

Tanjungpinang – Upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 di Provinsi Kepri akan dilaksanakan secara luar jati jaringan (luring)/langsung dan dalam jaringan (daring)/online. Hal ini mengingat negara Indonesia dan tidak terkecuali Kepri masih dalam suasana pandemi COVID-19, sehingga penerapan protokol kesehatan diterapkan dengan sangat ketat dan harus mengatur upacara dengan sistem daring dan luring sekaligus.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Protokol dan Penghubung ( Karo Humprohub) Kepri, Hasan, S.Sos mengatakan, meskipun rangkaian kegiatan HUT RI dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat. Namun hal ini tidak mengurangi sedikitpun kekhidmatan dari makna kemerdekaan itu sendiri.

Masyarakat diseluruh kepulauan Riau tetap akan bisa mengikuti jalannya proses pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus nanti.

“Pemerintah Provinsi Kepri sangat yakin jika kondisi COVID ini sama sekali tidak mengurangi tekad dan semangat masyarakat dalam memaknai kemerdekaan RI. Undangan yang hadir memang dibatasi di setiap rangkaian peringatan HUT RI. Namun tetap bisa diikuti secara daring dari rumah atau darimana saja. Ada link zoom meeting, youtube dan favebook yang kita siapkan,” kata Hasan, Sabtu (14/08/2021).

Baca Juga :  Meski PPKM Level 1, Polres Karimun Bagikan Nasi Kotak Tiap Hari

Adapun channel youtube milik Humas, Protokol dan Penghubung yang akan melakukan live streaming dan bisa disaksikan oleh masyarakat adalah ‘Humaskepriprov’, sedangkan account facebooknya ‘Humas dan Dokumentasi Pemprov Kepri’.

Hasan menjelaskan, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, SE.,MM akan bertindak sebagai inspektur (irup) pada upacara peringatan HUT RI ke-76 di halaman Gedung Daerah pada 17 Agustus nanti.

Adapun rangkaian peringatan HUT RI ke-76 di Kepri sendiri sudah berlangsung sejak, Kamis (12/8) lalu diawali dengan acara penganugerahan tanda kehormatan Setya Lencana Karya Satya kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun dilingkungan Pemprov Kepri. Penganugerahan ini dilakulan langsung oleh Gubernur, bertempat di Gedung Daerah Tanjungpinang.

Kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Paskibraka Provinsi Kepri tahun 2021 di aula Wan Seri Beni, Dompak pada, Minggu (15/08)

Sedangkan, Senin (16/8) Gubernur akan mengikuti video Conference Pidato Presiden

Republik lndonesia Pada Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR-RI Dan DPD-RI Tahun 2021. Dan dilanjutkan dengan Video Conference Pidato Presiden Republik lndonesia Dalam Rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2022 Dan Nota Keuangan Beserta Dokumen Pendukungnya Pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR-RI Tahun Sidang 2021 – 2022.

Baca Juga :  Wagub Marlin Sambut Kedatangan Kontingen Kepri Pada PON XX Papua

Kemudian dilanjutkan lagi dengan acara Pemberian Tali Asih kepada Veteran/Janda Veteran LVRI Kepulauan Riau sebanyak 429 orang, yang diberikan secara simbolis kepada 5 perwakilan yang ditunjuk.

Setelah itu dilanjutkan lagi dengan Video Conference Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi RI dari Istana Negara dan terakhir Upacara penurunan bendera merah putih dengan Wakil Gubernur Kepri Hj. Marlin Agustina bertindak sebagai imspektur upacaranya.

“Rangkaian peringatan HUT RI ini sangat padat, dan dalam setiap rangkaiannya berpotensi menimbulkan kerumuman. Maka dari itu, kita atur volume undangannya,” ujar Hasan lagi.

Untuk Apel Kehormatan dan Renungan Suci, yang akan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Pangkogabwilhan I dan cadangan Kaskogabwilhan. Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara​​ Mayor Czi Haris, cadangan  Mayor Inf Reza Fahlevi. Adapun yang bertindak sebagai Perwira upacara​ adalah Pasipers Dim 0315/Bintan dan cadangan Mayor Chk Dedi D. Hutasoit.

Dan untuk pembawa acara​ Pelda (K) T. Maliana, cadangan  Sertu (K) Fauziah. Serta Pembaca Do’a​ Kapten Inf Alfianto

Hasan kembali menjelaskan terkait petugas Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76  Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 di Gedung Daerah.

Baca Juga :  Danrem 033/WP Tinjau Karantina PMI di Rusun BP Batam

Untuk pengibaran bendera Petugasnya sebagai berikut. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, SE.,MM.

Sebagai koordinator adalah Mayor Adm. Adzani. Perwira Upacara (Paup)  Kapten Kes Agus Sumanto, S.Sos dengan cadangan Paup Lettu Adm Darwin Hartanijaya P.

Untuk Komamdan Upacara (Danup) Mayor POM. Andhik Yudhi Saputro dan cadangan Danup Mayor Kal. Pandu Krensahadi. Sedanhkan MC Sertu Nony A, Pembaca pembukaan UUD 1945 Aidil Akbar SSTP serta Pembaca doa Kakanwil Kemenag Provinsi Kepri.

Adapun petugas pada upacara penurunan bendera merah putih adalah sebagai berikut. Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj. Marlin Agustina bertindak sebagai inspektur upacara.

Sebagai Komandan Upacara Mayor Kal Pandu Kresnahadi, SE dan Perwira Upacara Lettu Adm. Darwin Purba S.S.T.Han

“Persiapan sudah kita lakulan dengan matang. Dimulai dengan rapat secara intens, gladi kotor, gladi bersih dan sebagainya. Semoga setiap prosesnya berjalan dengan lancar. Sesuai dengan tema HUT RI tahun ini, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, semoga bisa kita wujudkan,” tutup Hasan.(***)

Pos terkait