Gempa Bumi M 3,8 Guncang Lampung Selatan

LAMPUNG SELATAN – Gempa Bumi tektonik dengan kekuatan Magnitudo (M) 3,8 mengguncang wilayah Lampung Selatan dan sekitarnya pada pukul 08:27:33 WIB. Senin (27/1/2020)

Melalui laman Twitter resmi BMKG (@infoBMKG) yang dilihat Independen Pos menyampaikan Analisisnya bahwa Gempa Bumi berkekuatan M3,8 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 5.72 LS – 105.36 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 25 km Barat Daya Lampung Selatan dengan kedalaman 4 Kilometer.

Dari informasi tersebut bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Tarahan yang terletak di sekitar Lampung Selatan.

Dinda (20) warga Kecamatan Merbau Mataram mengungkapkan kaca rumahnya sampai bergetar saat terjadinya gempa. “Saya lagi beberes rumah, tiba-tiba gempa kaca jendela sampe bergetar. ayah saya manggil terus kita lari keluar rumah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sektor Ekonomi Terdampak Covid-19 Mulai Bangkit Menyerap Kredit

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Bandar Lampung, Teluk Betung dan Sidomulyo-Lampung Selatan dengan Skala Intensitas II – III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan.

Sebagai dampak gempa bumi tersebut dan dari hasil Monitoring BMKG sampai saat ini belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

BMKG juga Menghimau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut. (sel)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.