Gelar Rintisan Kelurahan Budaya di Kalurahan Karangrejek.

  • Whatsapp

Gunungkidul – Gelar potensi Rintisan Kelurahan budaya Kelurahan karangrejek yang berada di Balai Kelurahan dengan mengambil tema adat tradisi gumregan yang berdurasi selama 30 menit. Acara yang di gelar setiap tahun sekali yang merupakan even penilaian kalurahan rintisan budaya untuk dipilih menjadi kalurahan budaya, Kamis (19/11/2020).

Menurut ketua panitia kegiatan Wakidi menjelaskan bahwa dalam rangka mewujudkan visi rintisan kalurahan budaya “Mewujudkan kalurahan karangrejek sebagai kalurahan mandiri budaya melalui perlindungan, pembinaan, pengembangan dan pemanfaatan budaya di dukung sumber daya alam dan sumberdaya manusia yang unggul” maka gelar rintisan budaya memperhatikan 5 aspek dalam penilaian yaitu:

1.Aspek tradisi adat.

2.Dolanan Tradisional anak.

Baca Juga :  Kadiskes : Vaksinasi Covid-19 Di Pesibar Dilaksanakan Bulan Februari 2021

3.Pertujukan kesenian rakyat jaran kepang teji.

4.Sastra ,aksara dan bahasa.

5.Kuliner tradisional masyarakat setempat.

Kegiatan ini melibatkan anak- anak sebagai generasi penerus budaya bangsa diharapkan ada generasi yang melestarikan adat tradisi maupun budaya yang di miliki Kalurahan Karangrejek.

Selain itu juga didukung dari sanggar seni omah wacono tirto utomo. pembiayaan kegiatan ini berasal dari dinas kebudayaan kabupaten Gunungkidul sebesar 21 juta ditambah sumbangan dari bumdes ,karang taruna dan donatur dari yayasan Tirto Utomo.

Harapan setelah kegiatan ini kalurahan karangrejek mampu lolos masuk menjadi kalurahan budaya dan semakin berkembang tentang kebudayaannya. (Mungkas)

Facebook Comments