Esron Sinaga Dilantik Jadi Sekda Kabupaten Simalungun

  • Whatsapp
Esron Sinaga Dilantik Jadi Sekda Kabupaten Simalungun

Simalungun – Esron Sinaga dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) oleh Bupati Simalungun di Balai Harungguan Djabanten Damanik, Komplek Perkantoran Bupati Simalungun, Rabu (15/09/2021) siang.

Esron Sinaga yang baru dilantik menjadi Sekda kabupaten Simalungun ini, cukup lama menata karir pimpinan di birokrasi di lingkungan Pemerintahan kota Siantar.

Sehingga, tidak sedikit ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun pejabat di lingkungan Pemerintahn kota Siantar yang cukup mengenal Esron Sinaga, meski sebelum di Siantar, ia juga sempat meniti karir di Pemkab Simalungun.baik Sejumlah jurnalis di Siantar, juga tidak asing dengan sosok Esron.

Selepas dari Pemkab Simalungun, Esron Sinaga dipercaya Walikota Siantar saat itu Ir RE Siahaan sebagai Kepala Bagian (Kabag) Umum pada Sekretarian Daerah Pemko Siantar tahun 2005 yang lalu.

Dari Simalungun inilah, karir jabatan Esron terus menanjak. Dari jabatan eselon tiga (Kabag Umum), Esron dipromosikan Ir RE Siahaan menduduki jabatan eselon dua. Ia diangkat menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Siantar pada tahun 2009.

Baca Juga :  Aduan Warga Terkait BLT DD Tidak Transparan, Inspektur Panggil Pangulu dan 25 Warga Nagari Dolok Parriasan

Setelah empat tahun menduduki jabatan Kadisdukcapil kota siantar ,disaat pergantian walikota siantar ,di masa pemerintahan Walikota Siantar Hulman Sitorus (almarhum), Esron di Percayai menjadi Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (Badan PIT) tahun 2013.

Hal birokrasi bagi Esron tidak di ragukan,  karena sudah Cukup lama Esron menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon 2b), yakni Kepala Badan PIT Kota Siantar, sekira lima tahun lamanya.

Setelah dari Kepala Badan PIT, awal tahun 2018 yang lalu, Esron Sinaga ini juga di percayai Walikota Siantar saat ini, Hefriansyah SE MM menjadi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Siantar.

Diwaktu Esron menduduki Kepala Dinas Perhubungan Kota Siantar, Dia pernah mengikuti seleksi (lelang) terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT Pratama) Sekda Kota Siantar pada tahun 2018 yang lalu.

Baca Juga :  Gemapsi Kembali Unjuk Rasa Di Kantor Bupati Simalungun, dan Menyegel Kantor DPRD Simalungun

Hasil seleksi terbuka Sekda Kota Siantar tahun 2018 yang lalu, Esron masuk tiga besar sebagai Calon Sekda Kota Siantar.Namun di sayangkan beliau tidak terpilih saat itu, karena Walikota Siantar saat itu memilih Budi Utari sebagai Sekda Kota Siantar.

Dalam hal ini, Esron tidak patah semangat ,Dia selalu berjuang untuk meningkatkan kariernya , Setelah di tahun 2021 ini, Esron kembali mengikuti seleksi terbuka JPT Pratama yang telah di gelar, ternyata Dia berhasil. Kini, Esron telah dilantik sebagai Sekda kabupaeten Simalungun,ini dari hasil seleksi terbuka JPT Pratama yang telah selesai di laksanakan di minggu yang lalu .

Dalam hal ini, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Simalungun, Serubabel Saragih mengatakan, seleksi terbuka JPT Pratama Sekda Simalungun yang telah dilakukan, telah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga :  Gemapsi Kembali Unjuk Rasa Di Kantor Bupati Simalungun, dan Menyegel Kantor DPRD Simalungun

Dia juga menambahkan, seleksi ini telah mendapat restu dari Mendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Serta, izin dari atasan Esron Sinaga untuk mengikuti seleksi terbuka, juga telah dilengkapi dengan baik.

Dan, lanjut Serubabel Saragih, “Untuk pelantikan Esron Sinaga sebagai Sekda Simalungun, juga telah mendapat izin dari Mendagri dan rekomendasi dari KASN. “Ya, kita tahu, saat ini belum enam bulan (pasca Bupati Simalungun dilantik). Izin dari Mendagri dan KASN sudah ada untuk pelantikan (Sekda Simalungun),”ujarnya ke Media. (fp/SN)

Pos terkait