Enam Pekon di Kecamatan Pardasuka Terdampak Bencana Alam Banjir Bandang dan Tanah Longsor

  • Whatsapp

Pringsewu – Hal tersebut dibenarkan oleh Camat Pardasuka Titik Pujiastuti yang di dampingi Kepala BPBD Edi Sumber Pamungkas, Rabu (06/01/21).

Titik menyampaikan dari 13 Pekon yang ada di Kecamatan Pardasuka terdapat 6 pekon yang terkena bencana alam banjir bandang dan tanah longsor.

“5 pekon yang terdampak banjir yakni Pardasuka, Tanjung Rusia, Tanjung Rusia Timur, Sukanegri dan Kedaung dengan tinggi air mencapai 1 hingga 2 meter. sedangkan pekon yang terkena tanah longsor yakni Pekon Selapan,” Terang Titik.

Kemudian, jumlah rumah yang rusak, camat Pardasuka belum bisa memastikan,namun di perkirakan jumlah rumah terendam banjir di lima pekon tersebut sekitar 250 rumah. Selain rumah beberapa fasilitas lainnya seperti Kantor Pekon, Kantor Camat serta Sekolah ikut terendam banjir.

Baca Juga :  Berkat Medsos, Judi Sabung Ayam di Tanjung Raja Sakti Digerebek Polisi

“Sementata, di Pekon Selapan terdapat 2 rumah yang terdampak tanah longsor, saat ini kedua rumah tersebut sedang dalam proses perbaikan oleh warga setempat,” Tambahnya.

Saat ini warga setempat di bantu dinas terkain seperti BPBD, Dinsos, Tagana dan organisasi sosial lainnya membantu membersihkan rumah, kantor serta jalan yang terkena lumpur sisa banjir bandang.

“Selain membersihkan sisa lumpur ini, secepatnya kami, masyarakat yang akan dibantu Dinas PU-PR untuk membuat tanggul sementara di pinggir sungai, menggunakan karung yg berisi batu guna mencegah luapan air,” Paparnya.

Sementata, Kakon Tanjung Rusia Wildan menambahkan, akibat banjir ini barang inventaris? Milik Pekon Tanjung Rusia rusak semua. Ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga :  Babinsa Desa Sumber Rejo Dampingi Pendistribusian Beras Raskin

“Barang-barang yang rusakrusakb seperti Laptop, PC, CPU meja, kursi serta arsip-arsip kantor rusak semua tidak ada yg tersisa,” Jelas Wildan. (Ndi)

Facebook Comments