Empat Rusa Mati di Unila

BANDARLAMPUNG- Selama dua minggu, empat rusa mati di kompleks kampus Universitas Lampung (Unila), Jalan Sumantri Brojonegero, Gedung Meneng, Bandar Lampung. Keempatnya mati karena tenggelam di embung penangkaran.

Juru bicara Rektor Unila, Nanang menjelaskan, dari 12 rusa yang ada di penangkaran sudah mati lima dan sisa tujuh ekor.

“Iya dari bulan puasa sudah mati satu ekor, selanjutnya dua minggu ini sudah empat rusa yang mati. Soal penyebabnya nanti silahkan tanya langsung di lokasi,” ucapnya.

Dia menegaskan, upaya pihak universitas dari hal tersebut adalah membentuk tim konservasi dan akan mereparasi penangkaran.

“Pak rektor telah membuat tim konservasi rusa. Tim itu akan berusaha menjaga rusa agar tak ikut mati dan tetap sehat. Rektor juga akan buat pagar di pinggir embung karena pada dasarnya rusa suka air. Juga rektor juga akan buat tempat khusus bermain rusa,” paparnya.

Baca Juga :  Harkitnas Momentum untuk Mengobarkan Semangat Bangkit dari Pandemi Covid-19

Terpisah, penjaga dan perawat rusa, Sutikno mengungkapkan, dua minggu ini sudah terhitung empat rusa mati. Setelah rusa dibedah, ditemukan plastik dalam pencernaannya.

“Empat yang mati pada dua minggu ini, ada yangg tenggelam juga. Kalau tadi pagi, satu rusa mati dibedah sama dokter dari perternakan sini, dalem perutnya ada plastik” kata Sutikno.

Di sepanjang pagar penangkaran tersebut sudah tertulis larangan memberikan makan satwa.

Unila merupakan universitas yang memiliki areal penangkaran rusa di lingkungan kampus berdasarkan izin Badan Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Lampung dengan Nomor SK/izin 137/IV-K.9/1.Prl/2004.

Rusa merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi Undang-undang Ordonasi dan Peraturan Perlindungan Binatang Liar nomor 134 dan 266 Tahun 1931. Ini juga sesuai dengan PP No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Karena statusnya sebagai satwa yang dilindungi, peredaran satwa tersebut dikontrol pemerintah agar kelestariannya tetap terjaga. (sel)

Baca Juga :  Kasiren kasrem 043/Gatam Hadiri Pembukaan Rakerda ke -VII Karang Taruna Lampung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.