Dua Calon Lurah di Gunungkidul Angkat Air Sebagai Program Prioritas.

  • Whatsapp
Dua Calon Lurah di Gunungkidul Angkat Air Sebagai Program Prioritas

Gunungkidul – Program Air untuk kehidupan di angkat oleh Maryadi calon lurah dari kalurahan Karangmojo dan Suhadi calon lurah dari kalurahan Pacarejo kabupaten Gunungkidul. Hal ini diungkapkan ketika di temui wartawan dirumahnya masing -masing, Minggu (24/10/2021).

Maryadi dengan nomor urut 3 meyampaikan program pemberdayaan potensi sumberdaya alam salah satunya adalah air. Cara mendapatkan air dengan pengeboran kedalam tanah dan pemanfaatanya untuk air minum, kebutuhan sehari, dan pertanian. Sementara ini hanya ada satu titik sumber air untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Sementara itu masyarakat di musim kemarau di 13 padukuhan masih kekurangan air. mereka membeli air melalui mobil tangki air. Satu titik sumber air baru bisa untuk mencukupi 3 pedukuhan. Tahun 2022 menargetkan 1 unit pengeboran sumur sebagai sumber air dapat terdistribusikan ke 3 padukuhan lagi dan program tersebut bisa berlanjut.

Baca Juga :  Benidiktus S, STP Tanggapi Dugaan Pelanggaran Lingkungan Hidup Gunungkidul

Ditempat yang berbeda, Suhadi calon lurah pacarejo yang mendapat no urut 2 menuturkan tentang program yang diangkat dalam kampanye nanti adalah tirto, margo, saras. Tirto yang berarti air sebagai sumber utama kehidupan di upayakan atau diekplorasi di wilayah pacarejo untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat baik untuk air minum maupun untuk pertanian sehingga tanah pertanian dapat dimanfaatkan secara maksimal ketika air diwilayah pacarejo cukup. Hal ini bisa menjadi solusi peningkatan ekonomi masyarakat apalagi sumber air tersebut di kelola oleh BUMDes maka akan juga meningkatkan pendapatan nya. Selanjutnya margo artinya jalan diwilayah Pacarejo masih banyak yang belum terbangun dengan baik untuk itu perlu peningkatan kualitas menjadi baik dan ini menjadi skala prioritas dan yang terakhir adalah saras artinya kesehatan. Upaya peningkatan kesehatan masyarakat terutama generasi baru yaitu ibu hamil, balita dan anak. (Mungkas)

Baca Juga :  Benidiktus S, STP Tanggapi Dugaan Pelanggaran Lingkungan Hidup Gunungkidul

Pos terkait