DR.Ruzni Oms: Pembangunan Digitalisasi dan Literasi Harus Prioritas Di Kukar, Jangan Disparitas

DR.Ruzni Oms, pemerhati pembangunan ddan pendidikan Kukar

KUKAR – Berdasarkan pengamat Pembangunan Kabupaten Kutai Kartanegara DR. H. Ruzni Oms, SH, MM, M.Hum menyarankan kepada Pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) agar lebih memprioritaskan pembangunan sarana Digitalisasi dan Literasi di ibukota kecamatan dan desa yang ada di wilayah Kukar.

Menurut alumnus Doktor di Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya ini, hal tersebut sangat penting dan menjadi keharusan di era digital saat ini. Hampir semua desa di 18 Kecamatan Sudah masuk signal Komunikasi digital melalui Android atau smartphone. Jadi sudah seharusnya Pemkab Kukar mulai memperioritaskan pembangunan saran prasarana digitalisasi itu di setiap desa kecamatan di Kukar. ” Saat ini kan belum tersentuh padahal seperti Warkop Digital, atau pos pelajar digital itu penting untuk bisa mengakses informasi dan tekhnologi secara cepat dan update” terang Ruzni Oms yang pernah menjabat Ketua Tim Task Force Kukar ini pada Haluan Indonesia, Sabtu (08/01/2022).

Baca Juga :  Kasi Kesra Kecamatan Tabang Salurkan BLT-DD di Bilatalang

Selain itu menurut Ruzni Oms saat ini juga melihat ada pembangunan yang Disparitas Pembangunan antara Kukar Zona Tengah, Zona Hulu dan Zona Pesisir. “Jangan sampai ada pembangunan hanya pada beberapa kecamatan tertentu saja, namun harus berkeadilan merata di 227 Desa di Kukar” terang Ruzni Oms yang juga pernah menjadi Assisten III dan IV Sekretariat Daerah Kukar ini.

Disinggung sosok pemimpin Kukar kedepan Ruzni Oms lebih mensarankan seperti pemimpin di kepulauan Jawa. “Coba kita lihat di Jawa Timur pemimpin nya ada yang Hafidz Qur’an, ada dari kalangan santri, lulusan dari Universitas Islam di luar negeri. Ini dalam rangka apa??? supaya pembangunan SDM kita tidak hanya handal dalam Tekhnologi tapi juga berakhlak mulia dan beradab.” terang Ruzni Oms yang juga Putra Daerah Kukar asal Muara Muntai ini mengakhiri. (VAR)

Baca Juga :  PKB Kukar Masih Solid Songsong Pemilu dan Pilpres 2024

Pos terkait