DPRD Pesibar Usulkan Pemberhentian Kepala Daerah Dan Wakil Pada Rapat Paripurna

  • Whatsapp

Pesisir Barat – DPRD Kabupaten Pesisir Barat dan Pemerintah Daerah adakan Rapat Paripurna dengan acara usulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat Masa Jabatan 2016-2021, di kantor DPRD setempat, pada Rabu (10/02/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat, Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD, Tim Ahli DPRD, Forkopimda Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat, Sekda, Asisten, Staf ahli dan seluruh Kepala OPD di Kabupaten Pesisir Barat.

Tampak juga hadir Ketua KPU Kabupaten Pesisir Barat, Ketua Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat dan Camat se-Kabupaten Pesisir Barat.

Rapat paripurna dipimpin langsung Oleh Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Barat.

Baca Juga :  Bupati Nanang Gelar Rapat Virtual VC Dengan Seluruh Camat Dan Kepala Desa

Dalam sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Barat menyampaikan amanat Pasal 154 ayat (1) huruf e Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 jo Pasal 23 huruf e Peraturan Pemerintah 12 Tahun 2018.

Dimana salah satu tugas dan kewenangan DPRD adalah melakukan pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentiannya, ujar Ketua DPRD, Nazrul Arif.

Selanjutnya esuai dengan ketentuan Pasal 78 Ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, yang menyatakan bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya, jelas Nazrul Arif.

Selanjutnya dalam Pasal 79 Ayat (1) fakta bahwa mekanisme Pemberhentian Kepala Daerah dan / atau Wakil Kepala Dacrah di Usulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan Penetapan Pemberhentiannya, tambahnya.

Baca Juga :  Wabup Pesibar Ikuti Peringatan HAN Tahun 2021 Secara Daring

Mengacu pada hal tersebut diatas, maka DPRD Kabupaten Pesisir Barat akan mengumumkan dalam Sidang Paripurna ini tentang Usul Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat. Hal tersebut mengingat akan berakhirnya masa jabatan, jelasnya.

Dengan berpedoman pada ketentuan tersebut diatas, melalui sidang dewan yang terhormat maka usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat Bapak Dr. Drs. H. Agus Istiqlal., S.H, MH. dan Ibu Erlina, S.P, MH. yang akan berakhir Masa Jabatannya pada Tanggal 17 Februari 2021.

Untuk selanjutnya akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat untuk mendapatkan Penetapan, tutupnya. (Indra)

Facebook Comments