DPRD Gunungkidul Sosialisasi Perda Kawasan Tanpa Rokok

  • Whatsapp
Sosialisasi Perda no 7 tahun 2015 tentang KTR oleh DPRD Gunungkidul. Foto: Mungkas

Gunungkidul – Sosialisasi dan implementasi Perda no 7 tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok di bale sasono among projo kalurahan Siraman dilaksanakan oleh DPRD Gunungkidul beserta Dinas Kesehatan kabupaten Gunungkidul dengan peserta masyarakat kalurahan Siraman.

Dalam kegiatan ini DPRD Gunungkidul diwakili oleh Bambang Supriyanto, Amd dari fraksi PAN dan E.Anggoro Putro dari fraksi PDIP menyampaikan tujuan penetapan kawasan tanpa rokok adalah melindungi kesehatan perseorangan, keluarga, masyarakat dan lingkungan dari bahaya bahan yang mengandung karsinogen dan zat adiktif dalam produk tembakau yang dapat menyebabkan penyakit, kematian, dan menurunkan kualitas hidup, baik langsung maupun tidak langsung .

Selain itu juga melindungi penduduk usia produktif, anak, remaja, dan perempuan hamil dari dorongan lingkungan dan pengaruh iklan dan promosi untuk inisiasi penggunaan danketergantungan terhadap bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau.

Baca Juga :  PSHT Ranting Pleret Adakan Bukber

Dengan adanya Perda ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya merokok dan manfaat hidup tanpa merokok serta menciptakan ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tempat Kawasan tanpa rokok adalah

a. pelayanan kesehatan;

b. tempat proses belajar mengajar

c. tempat anak bermain;

d. tempat ibadah;

e. angkutan umum;

f. tempat kerja; dan tempat umum

Setiap orang berhak atas lingkungan yang sehat sesuai dengan pencapaian derajat kesehatan udara bersih dan menikmati udara yang bebas dari asap rokok serta Informasi dan edukasi yang benar mengenai rokok atau merokok dan bahayanya untuk kesehatan

Kewajiban seseorang juga harus menghormati hak orang lain dalam upaya memperoleh lingkungan yang sehat, baik fisik, biologi, maupun sosial dan berperilaku hidup sehat untuk mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan yang sebaik baiknya. Memelihara lingkungan yang bersih dan sehat yang bebas dari asap rokok di ruang atau area yang ditetapkan sebagai KTR . (Mungkas)

Facebook Comments