DPRD Gelar Paripurna Hut ke 22 Kabupaten Waykanan

  • Whatsapp
DPRD Way Kanan gelar Paripurna Istimewa dalam rangka HUT ke 23 Tahun Kabupaten Way Kanan, di Ruang Sidang, Selasa (27/4). Foto: Yoni

Way Kanan – Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan Nikman Karim didampingi Wakil Ketua 1 dan Wakil Ketua II membuka Paripurna Istimewa dalam rangka HUT ke 23 Tahun Kabupaten Way Kanan , di Ruang Sidang . Selasa (27/4)

Hadir dalam acara ini Bupati Hi.Raden Adipati Surys ,SH.MM, Wakil Bupati Drs Ali Rahman , Sekdakab Saipul ,S.Sos.M.Ip , Forkopimda , Komandan Skadron 12 Serbu , Lanudad Gatot Subroto Way Tuba , BNNK Way Kanan dan Lapas Kelas II B Way Kanan.

Acara peringatan HUT Kabupaten Way Kanan yang ke 22 Tahun di hadiri oleh Staf Ahli Gubernur bidanf Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Syaiful Darmawan

Hadir juga Bupati Way Kanan Periode Tahun 2010-2015 yang saat ini menjadi Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Bapak Hi. Bustami Zaunuddin , Tokoh Masyrakat H.Ridwan Basyah ,M. Ikroni dan Marsidi Hasan .

Baca Juga :  Tingginya Curah Hujan Membuat Sebagian Bukit Kemuning Terendam Banjir

Pada acara sidang paripurna ini juga diserahkan piagam penghargaan kepada Dinas Kesehatan , BPBD , Satpol PP ,Palang Merah Indonesia , PT PSMI ,Sersan Kepala Suwdi, Sersan Dua Suyono , Ajun Inpektur Satu Polisi Iswadi dan Brigadir Kepala Edi S.

Lebih lanjut ketua DPRD Way Kanan Nikan Karim menerangkan kronologi pembentukan kabupaten Way Kanan.

1957 Wedana Way Kanan Ratu Pengadilan rencana pusat untuk menyiapkan lahan 100 Ribu untuk Tramigrasi, dalam Gagasan Hi.Ridwan Basyah mengusulkan untuk berdiri kabupaten sendiri berpisah dari Lampung Tahun.

1975 musyawarah khusus untuk mengusulkan Way Kanan berdiri sendiri.
1986 terbentuk lah Kantor Pembantu Bupati wilayah Blambangan Umpu , Meliputi 6 Kecamatan , Blambangan Umpu, Bahuga ,Pakuan Ratu Baradatu ,Banjit dan Kasui.

Baca Juga :  Lazisnu Waykanan Berikan Santunan Anak Yatim Piatu

1991 Pembantu Bupati Blambangan Umpu Hi Ridwan Basyah mengadakan pertemuan Adat untuk menyiapkan lahan untuk perkantoran.

1999 tiga Tokoha Masyrakat menghadiri rapat dengan komisi II yang juga dihadiri oleh Gubernur Lampung Oemarsono , Bupati Hairy Fasyah , Tokoh Masyarakat Hi untuk menyerahkan surat pembentukan kabupaten Way Kanan.

Sesuai dengan UU nomot 12 tahun 1999 terbentuknya Kabupaten Way Kanan, Lampung Timur dan Kota Metro , selanjutnya Mentri Dalam Negeri menanda tangani prasasti terbentuk Kabupaten Way Kanan .

Selesai Sidang Paripurna dalam sambutanya Bupati Hi. Raden Adipati Surya ,SH,MM mengucapkan banyak terima kasih atas jasa-jasa para pendiri dan penggagas terbentuk nya Kabupaten Way Kanan.

Selain itu juga Bupati mengajak semua lapisan untuk tetap memberantas penyebaran Covid 19 denga selalu menggunakan Prokes di setiap kegiatan sehari-hari. (*)

Facebook Comments