DPPPAKB Metro Gelar Ekspos Program Unggulan Jama-PAI

  • Whatsapp
DPPPAKB Metro Gelar Ekspos Program Unggulan Jama-PAI

METRO – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPAPPKB) mengadakan ekspos program unggulan Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (Jama-PAI). Bertempat di Guest House Walikota. Walikota Metro Wahdi didampingi Kadis PPPAPPKB Prayetno menghadiri ekspos program ini, Senin (03/01/2022).

Dalam pemaparan, Prayetno membahas terkait sistematika program tahun 2022 berupa penurunan stunting. Terkait tugas pokok dan fungsi Dinas PPPAPPKB yaitu pelaksanaaan pemberdayaan dan peningkatan peran, serta organisasi masyarakat.

“Selain itu juga tugas pokok kami untuk perumusan kebijakan teknis, pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria di bidang pengendalian kuantitas penduduk dan KB. Pembinaan kelompok jabatan fungsional, dengan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan jumlah keseluruhan pegawai 52 orang yang terdiri dari eselon, tenaga fungsional, JFU dan honorer,” papar Prayetno.

Baca Juga :  Ini Kata Kasi Intel Kejari Metro Terkait Korupsi Rehabilitasi TPAS Karang Rejo

Lanjutnya, Prayetno menjelaskan bahwa, Dinas PPPAPPKB telah melakukan beberapa langkah pembentukan sekolah siaga kependudukan ke sekolah negeri dan formal. Langkah yang berupa MoU dengan berbagai lintas sektor.

.“MoU ini mulai dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. KUA dalam melakukan pendampingan calon pengantin. Sedangkan kegiatan di tahun 2022 dengan penetapan Posyandu pra konsepsi minimal dua Posyandu per kelurahan, serta kegiatan Perempuan Berdaya Anak Terlindungi Indonesia Maju,” paparnya.

Wali kota Metro Wahdi menyampaikan, Program Jama-PAI meminta agar disosialisasikan sampai tingkat bawah. Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat tahu tujuan program ini, guna meningkatkan pemahaman masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan stunting.

“Tujuan utama dari Jama-PAI yaitu mewujudkan generasi emas indonesia cemerlang (Gemerlang). Menyelaraskan rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Serta target SDGs 2030 dari sisi sektor pembangunan kesehatan dan pembangunan sumber daya manusia,” jelasnya.

Baca Juga :  Wali Kota Wahdi Beri Penghargaan ke 65 Personil Polres

Tambahnya, Wahdi mengajak para pegawai untuk lebih maksimal dalam kinerja, guna menciptakan Gemerlang. “Gemilang merupakan program dari Walikota dan Wakil Walikota, untuk dipahami dengan sebaik-baiknya agar manfaatnya dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya. (Rls/Dh)

Pos terkait