DPC PDIP Tulangbawang ajak Masyarakat Peringati Hari Lahir Pancasila

  • Whatsapp
DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tulang Bawang ucapkan selamat hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2021. FOto: Ist

Tulang Bawang – Bupati DR Hj . Winarti.SE.MH selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tulang Bawang bersama Sopi’i. SH Ketua DPRD Tulang Bawang yang juga Sekretaris PDIP Kabupaten Tulang Bawang pada memberikan Ucapan Selamat atas hari Lahirnya Pancasila.

Tema hari lahir Pancasila 1 Juni 2021 adalah “Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”.
Untuk itu DR HJ. Winarti.SE.MH diwakili Sekretaris DPC PDI Perjuanga  Kabupaten Tulang Bawang Sopi’i .SH mengajak semua elemen masyatakat agar dapat menperingati hari lahir Pancasila 1 Juni secara online .

” Dengan Tema Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh, kita terus menpererat persatuan dan kesatuan untuk Indonesia yang lebih Tangguh. Kami Pengurus DPC PDIP Perjuangan Kabupaten Tulang Bawang mengucapkan Selamat Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2021  .” Ujar Sopi’i.

Baca Juga :  Babinsa Kedaton Terus Himbau Masyarakat Patuhi Prokes di Pusat Perbelanjaan

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Sukarno pada 1 Juni 1945. Yakni saat kemerdekaan Negara Republik Indonesia dari penjajahan secara De Facto dan De Jure. Ditetapkan dari rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Diadakannya sidang pertama tersebut dari 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara.
Hingga pada 1 Juni 1945, Sukarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamakan Pancasila.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, bahwa Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Baca Juga :  Hambat Pekerja Proyek, Anggota Dewan Waykanan Dipolisikan

Peringatan Hari lahirnya Pancasila 1 Juni besok , tidak bisa dilakukan dengan sebuah upacara resmi seperti biasa hanya di  peringati dengan upacara peringatan secara online.

Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) serta Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional, maka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 di tengah masa pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui media elektronik, video conference atau dalam jaringan (on-line). (**)

Facebook Comments