DPC AWPI Kota Bekasi Apresiasi Disparbud Tanggapi Pelanggaran THM Dinasty

  • Whatsapp
Ketua DPC AWPI kota Bekasi, Jerry

Bekasi – Menindak lanjuti surat klarifikasi dan konfirmasi dari Assosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) No. 028/SKK/AWPI/KB/IX/2021.

Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) kota Bekasi menyampaikan surat balasan terkait pelanggaran Tempat Hiburan Malalm (THM) Dynasty yang di temukan melanggar PPKM Darurat dan Perizinan.

Melalui surat resmi yang di keluarkan oleh Disparbud kota Bekasi dengan no surat: 556/1246-Parbud.Par tertanggal 7 Oktober 2021 menyatakan bahwa :

1.Berkaitan dengan proses perizinan karaoke Dinasty, bahwa usaha tersebut sudah terdaftar dalam Online System Submission (OSS) tetapi belum memenuhi komitmen (belum berlaku efektif).

2.Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi melalui bidang kepariwisataan sudah melakukan pembinaan terhadap pengelola karaoke Dynasty untuk segera mengurus pemenuhan komitmen dan tidak menjalankan operasional sebelum pemenuhan komitmen terpenuhi.

3.Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi tidak mempunyai kewenangan untuk memberikan sanksi terhadap tempat hiburan malam ilegal.

Dikesempatan yang sama Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Bekasi memberi apresiasi kepada Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Bekasi yang secara sigap merespon dan menindaklanjuti laporan terkait pelanggaran THM yang kedapatan melanggar izin usaha.

Baca Juga :  Pemkot Bekasi Lantik 151 CPNS Kota Bekasi

“Saya mengapresiasi kepada Disparbud yang telah menerima dan menindaklanjuti laporan kami, dan kedepannya saya berharap dapat menjalin sinergitas guna menghasilkan PAD bagi kota Bekasi yang kita cintai,” ujar Jerry sesaat bertemu Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Selasa (09/10/2021).

Lebih lanjut Jerry meminta kepada walikota Bekasi untuk segera mengevaluasi kinerja Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Bekasi dan Kepala Satpol PP Kota Bekasi yang dianggap lalai dalam penegakan THM yang didapati melanggar aturan.

“Dalam waktu dekat kami (AWPI -red) akan melayangkan surat permohonan secara resmi ke pada walikota Bekasi, dan saya minta kepada Bapak walikota bekasi Rahmat Effendi agar mengevaluasi kinerja anak buah nya, bila perlu mencopot Kabid penegakan perda dan Kasatpol PP yang dianggap lalai dan bekerja tidak sesuai dengan tupoksinya dalam melakukan penindakan terhadap THM yang jelas-jelas melanggar di masa PPKM Darurat dan tidak memiliki izin, dengan dasar hukum UU No. 32 tahun 2004 pasal 148 tentang pemerintah daerah atas kuasa UU memiliki kewenangan untuk melakukan penyelidikan dan atau PP No 16 tahun 2018 pasal 5 menyebutkan dengan jelas tugas Satpol PP dan atau Permendagri No. 54 tahun 2011 pasal 3″ pengarahan agar masyarakat atau badan hukum menaati peraturan daerah dan pasal 6 tentang penindakan Yustisial,” katanya.

Baca Juga :  Pokja Wartawan DPRD Kota Bekasi Audiensi Dengan Wakil Wali Kota Bekasi

Jerry menilai satpol PP sebagai penegak perda tidak memahami tentang perda tersebut sehingga terjadi kelalaian dalam melaksanakan penindakan pelanggaran.

“Saya sangat miris satpol PP sebagai penindak perda tetapi mereka sendiri tidak paham tentang regulasi perda tersebut. THM Dinasty jelas telah melanggar dimasa PPKM Darurat tetapi mereka mengenakan sanksi ATHB dimana jelas-jelas ada perda Jabar yang bisa di kenakan dan yang lebih aneh lagi mereka melepas segel padahal THM tersebut diketahui tidak memiliki izin operasionalnya. Seharusnya satpol PP berkoordinasi dengan instansi terkait dan melakukan pengembangan bukan hanya sekedar menyegel yang kami anggap itu sebagai mencari pamor belaka,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya terkait Tempat hiburan malam Dinasty karaoke yang berlokasi di Bekasi Town Square melanggar PPKM darurat dan telah di berikan sanksi oleh Satpol PP Kota Bekasi berupa penyegelan sementara selama 7 hari sesuai dengan peraturan Daerah Kota Bekasi No. 15 tahun 2021 tentang “Adaptasi tatanan hidup baru dalam penanganan wabah virus disease 2019” yang telah di cabut nya segel oleh Satpol PP Kota Bekasi. (Rilis DPC kota Bekasi)

Baca Juga :  Tuntut Kejelasan Anggaran Pembangunan Gedung D, FAMBUI Unjuk Rasa Didepan Gedung DPRD Kota Bekasi

Pos terkait