DPC AWPI Barsel Gelar Musyawarah Pembentukan Kepengurusan Definitif

  • Whatsapp
DPC AWPI Barsel Gelar Musyawarah Pembentukan Kepengurusan Definitif

Barito Selatan – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profisional Indonesia (AWPI)  Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) gelar musyawarah pembentukan kepengurusan definitif. Semua ini dilakukan untuk menciptakan wartawan profisional yang memiliki integritas dalam menyuguhkan pemberitaan kepada publik yang senantiasa berpegang teguh kepada kode etik jurnalistik. Khususnya bagi insan pers yang bernaung di bawah AWPI.

Tidak sampai disitu saja, dengan terbentuknya asosiasi AWPI di Barsel, diharapkan mampu memberikan jaminan kepada insan pers yang bernaung dibawahnya benar – benar profisional dalam melaksanakan peran tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) untuk peningkatan sumber daya manusianya melalui pelatihan dan pendidikan bagi insan pers itu sendiri dalam menyajikan pemberitaan bagi publik.

“Khususnya dalam meningkatkan kinerja insan pers yang tergabung di bawah AWPI Barsel. Agar menyajikan pemberitaan dengan mengutamakan kode etik Jurnalistik. Sehingga penyajian pemberitaan turut mencerdaskan masyarakat,” ucap Pj DPC AWPI Barsel Ade Soebara Noor kepada media ini, Jumat, (29/10/2021) di Buntok.

Namun, semua itu tidak akan bisa berjalan dengan maksimal tanpa adanya jaminan kesejahteraan bagi insan pers itu sendiri dalam menunjang kinerja menyajikan pemberitaan bagi publik dan melaksanakan kontrol sosialnya. Oleh sebab itu, AWPI Barsel kedepannya akan membuat sejumlah program – program guna menunjang kinerja insan pers yang tergabung di bawah asosiasi ini.

“Tentunya kita jalankan semua itu tidak lepas dari visi dan misi serta AD ART AWPI itu sendiri. Agar urusan ekonomi insan pers yang tergabung di bawahnya itu bisa teratasi,” ujar pria yang akrab disapa Ade Karna ini.

Perlu untuk digaris bawahi lanjut dia, asosiasi ini terbentuk bukan sebagai tandingan bagi asosiasi pers lainnya. Namun, terbentuknya asosiasi AWPI ini sebagai mitra kerja bagi insan pers yang tergabung di bawahnya.

Terpisah, Dewan Pembina dan Penasehat DPC AWPI Barsel Yohanes Sumadya Widada dan H Jarliansyah mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan visi dan misi yang tertuang dalam program kerja kepengurusan nantinya terlaksana sesuai dengan harapan bersama.

“Artinya AWPI Barsel mampu mencetak wartawan profisional sesuai dengan nama asosiasinya. Dan programnya mampu mensejahterakan insan pers yang tergabung dibawahnya,” tuturnya Yohanes Sumadya Widada dan H Jarliansyah.

Ketua DPD AWPI Kalteng, Hadriansyah, S Pd juga turut angkat bicara. Dirinya menuliskan di pesan singkat pada grup WhatsApp AWPI Barsel, sangat mengapresiasi terbentuknya musyawarah pembentukan kepengurusan definitif ini.

Dilanjutkannya, satu langkah maju bagi DPD AWPI Kalteng yang sudah memberikan mandat kepercayaan kepada Pj Ketua DPC AWPI Kabupaten Barsel Ade Soebara Noor untuk membentuk kepengurusan definitif. Sedangkan kabupaten lainnya akan menyusul pada bulan depan. Yakni, Kabupaten Barito Timur, Murung Raya dan Kota Palangka Raya yang rencananya akan diberikan mandat untuk membentuk kepengurusan DPC AWPI di kabupaten/kota.

“Saya yakin dan bangga pada DPC AWPI Barito Selatan Buntok Provinsi Kalimantan Tengah, tiga hari setelah diberikan mandat sudah dapat membentuk kepengurusan yang tepat dan handal serta didukung para pembina wartawan senior dan mantan anggota DPRD Barsel,” katanya.

“Saya berharap kepada pengurus DPC AWPI Barsel perkuatan solidaritas sesama insan pers, jaga marwah AWPI Barsel. Ini yang pertama kalinya pembentukan DPC AWPI di Kabupaten wilayah Kalteng. Untuk Kabupaten lainnya DPD AWPI Kalteng akan turun mensosialisasikan, mengembangkan sayap AWPI di 13 Kabupaten dan 1 kota. AWPI Kompak AWPI Jaya AWPI Hebat,” katanya lagi.

Sekedar untuk diketahui, Ketum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) AWPI Hengki Ahmat Zajuli melalui Koordinator Wilayah (Korwil) Region II Magdalena Pikasau juga turut memberikan apresiasinya. Artis kondang tanah air ini turut mengutarakan kalimat positif atas terbentuknya musyawarah pembentukan kepengurusan definitif DPC AWPI Barsel.

“Mudah – mudahan kabupaten lain menyusul cepat, saya yakin DPD AWPI Kalteng mampu membawa perkembangan AWPI di Kalteng, karena di dukung Pejabat tinggi dan pembina yang handal,” ucap Maqdalena Pikasau. (*)

Pos terkait