DLH Tubaba Bekerjasama dengan Pemerintah Tiyuh untuk Membantu Menangani Sampah

  • Whatsapp
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, berupaya melakukan kerjasama dengan Pemerintah Tiyuh agar dapat membantu dalam penanganan sampah. Foto: Ist

PANARAGAN — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, berupaya melakukan kerjasama dengan Pemerintah Tiyuh agar dapat membantu dalam penanganan sampah.

Demikian hal tersebut disampaikan Kepala DLH Tubaba, Firman, didampingi Kabid Pengelolaan Sampah dan B3, Hartawan, saat dikonfirmasi Haluan Lampung, di ruang kerjanya, Senin (24/05/2021) pukul 09.30 Wib.

“Mulai tahun 2021 ini, kita akan berupaya melakukan kerjasama dengan Pemerintah Tiyuh agar dapat membantu dalam hal penanganan masalah Sampah, mengingat masalah tersebut bukan hanya tugas dan kewajiban dari DLH saja tetapi dari seluruh pihak.” Jelasnya.

Lanjut dia, sejauh ini di Kabupaten Tubaba hanya ada 1 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk menampung atau menimbun seluruh Sampah- sampah yang ada, bahkan dari segi armada, personil, dan anggaran pun Dinas kita masih terbilang minim.

Baca Juga :  TNI AL Lanal Lampung Sikat Tuntas Serbuan Vaksinasi Maritim Dosis I dan II

“Oleh sebab itu, kami akan berkoordinasi dengan setiap Tiyuh yang direncanakan mulai bulan Juni 2021 ini, untuk dapat membantu dengan menyisihkan anggaran dari Dana Desa untuk penanganan Sampah.” Ungkapnya.

Selanjutnya, DLH Tubaba akan mencoba berkoordinasi agar kiranya setiap Tiyuh dapat mengalokasikan DD dalam pembuatan Bank Sampah atau peruntukan Penanganan-penanganan Sampah yang ada di masing-masing Tiyuh, serta melakukan sosialisasi pengurangan Sampah plastik kepada masyarakat.

“Tentunya permasalahan Sampah ini akan sulit ditangani, apalagi mengingat saat ini destinasi-destinasi wisata yang ada di Tubaba sudah ramai dikunjungi, sehingga kebersihan dan kelestarian lingkungan haruslah sama-sama kita jaga.” Imbuhnya. (Aldo/Edsn)

Facebook Comments