Diskominfo Provinsi Lampung Lakukan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat Di Tubaba

  • Whatsapp
Tulang Bawang Barat – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Lampung menggelar Sosialisasi dan  Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di Taman Kebaikan Uluan Nughik Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kamis (11/11).

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Ganjar Jationo, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Kominfotik Provinsi Lampung Lakoni, Kepala Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat Eri Budi Santoso, dan Sekretaris Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat Sayuti. Selain itu kegiatan juga dihadiri oleh Relawan TIK Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Menurut Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Ganjar Jationo, pembentukan KIM berdasarkan pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor : 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 Tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

Baca Juga :  Wali Kota Eva Minta Kader Posyandu Sosialisasikan Vaksinasi

Adapun, pembentukan KIM bertujuan agar segala informasi yang ada di desa bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat desa. Utamanya menonjolkan potensi unggulan yang dimiliki desa agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“KIM sebagai benteng untuk menangkal berita-berita yang tidak benar atau Hoax, juga sebagai pusat pengelolaan informasi di skala desa. Karena informasi dapat mendorong orang berpikir, mendorong orang bergerak,” ucap Ganjar.

Untuk dapat menangkal Hoax, menurut Ganjar maka pengelolaan informasi haruslah merujuk pada sumber-sumber informasi yang memang terpercaya dan resmi.

Selain itu, pengelolaan informasi tidak hanya untuk menangkal berita tidak benar, tapi juga untuk menyebarkan informasi potensi desa, mulai dari pariwisata, home industri dan ekonomi kreatif, pertanian dan lain sebagainya, dengan melibatkan Pokdarwis, Karang Taruna, PKK Desa, serta perangkat Desa lainnya.

Baca Juga :  KSKP Bakauheni Amankan 2.159 Ekor Burung Tanpa Dokumen Resmi

Untuk itu, keterlibatan Dinas terkait juga sangat diperlukan, misalnya dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Transmigrasi (PMDT) untuk mensukseskan program-program yang berkaitan dengan Desa. “Seperti Program Smart Village dan Kartu Petani Berjaya,” pungkas Ganjar Jationo.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Tulang Bawang Barat Sayuti, mewakili Kepala Dinas Kominfo TBB menyatakan terimakasih atas telah dilaksanakannya kegiatan pembinaan KIM di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

“Terimakasih kepada Dinas Kominfotik Provinsi Lampung atas kegiatan hari ini, semoga ada masukan dan petunjuk untuk teman-teman relawan TIK sebagai pelaku KIM, sekaligus ujung tombak informasi bagi tiyuh-tiyuh yang ada di TBB, semoga nantinya dapat terbentuk pula KIM diseluruh Tiyuh-tiyuh yang ada di TBB,” pungkasnya. (Rls)

Baca Juga :  Honorer Diterima PPPK, Ini Harapan KADIS Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung

Pos terkait