Direktur Eksekutif PAPD Sayangkan Ketidaktransparanan DPMPTSP

  • Whatsapp
Advokat Senior yang sekaligus Direktur Eksekutif Perhimpunan Advokat Pro Demokrasi (PAPD) Agus Rihat P. Manalu

 

BEKASI – Advokat Senior yang sekaligus Direktur Eksekutif Perhimpunan Advokat Pro Demokrasi (PAPD) Agus Rihat P. Manalu menyayangkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi yang tidak memberikan informasi keterbukaan publik terkait data-data Tempat Hiburan Malam (THM) yang sudah mengantongi Izin.

“Data perusahaan yang di gunakan untuk mendaftarkan izin THM bukan merupakan informasi yang di rahasiakan menurut UU KIP,” ujarnya

Rihat menambahkan, data base nama-nama THM yang telah mengantongi izin seharusnya dapat dipublikasikan untuk membatu lembaga-lembaga terkait melakukan fungsi sosial kontrol mereka.

“Seharusnya mereka berikan saja, karena data pendaftaran tersebut merupakan informasi yang seharusnya dapat di akses oleh seluruh masyarakat dalam rangka pengawasan kebijakan pemerintah dan penegakan hukum,” katanya.

Rihat juga meminta kepada dinas terkait agar lebih transparan terhadap perizinan yang diajukan oleh pengusaha agar tidak terjadi gesekan dilapangan.

“Dinas terkait seharusnya berterima kasih ketika ada teman-teman media di lapangan yang ingin membatu melakukan pengawasan terkait perizinan THM, jangan terkesan menutup-nutupi atau jangan-jangan ada dugaan kongkalikong antar dinas terkait dengan pengusaha nakal?, Kasihan pengusaha yang benar-benar mengurus izin mereka dan jelas-jelas itu menjadikan PAD bagi Kota Bekasi,” pungkasnya. (Red)

 

 

Pos terkait