Dinas Sosial DIY Gelar Kegiatan Restorasi Sosial Berbasis Budaya Jawa

  • Whatsapp
Dinas Sosial DIY Gelar kegiatan Restorasi Sosial berbasis budaya jawa

Gunungkidul – Kegiatan penguatan nilai- nilai kesetiakawanan sosial melalui Restorasi Sosial berbasis budaya jawa mewujudkan kesejahteraan sosial oleh Dinas Sosial DIY di kalurahan Kedungkeris kapanewon Nglipar di hadiri oleh 50 peserta dengan narasumber anggota DPRD DIY dari PDIP Bambang Setyo Martono,SE, MBA, Dr.Afendy Widayat ,M.Phil dari UNY dan Dinsos DIY Drs. Junaedi kepala bidang pemberdayaan sosial, Selasa (16/11/2021).

Ketika diwawancarai oleh awak media, Drs. Junaedi menuturkan tajuk kegiatan pada hari sesuai dengan peraturan Menteri Sosial dengan mengembalikan pola- pola kehidupan sosial yang selama ini terkikis oleh peradaban baru akibat adanya globalisasi dan era milenial terjadi pergeseran nilai – nilai budaya dan kehidupan sosial terutama pada anak- anak jaman sekarang. Jika pola kehidupan sosial berjalan dengan baik, damai dan nomal maka akan terwujud situasi dan kondisi mewujudkan kesejahteraan sosial.

Baca Juga :  Benidiktus S, STP Tanggapi Dugaan Pelanggaran Lingkungan Hidup Gunungkidul

Dinas Sosial juga menargetkan sasaran untuk kalangan muda dan anak tentunya perlu dukungan dari berbagai elemen baik dari DPRD DIY maupun instansi yang terkait dengan pendidikan maupun pembinaan anak muda.

“Mudah mudahan di tahun 2023 bisa terwujud apa yang kita targetkan,” pungkasnya.

Sementara itu Bambang Setyo Martono,SE.MBA menjelaskan tentang tugasnya selaku Dewan Perwakilan Rakyat yang fungsinya adalah legislasi, penganggaran dan pengawasan. Kemudian dilanjutkan oleh narasumber ke tiga yaitu Dr. Afendy Widayat, M.Phil dari UNY menjelaskan tentang budaya jawa baik sejarah ,bahasa dan sastra serta tatanan kehidupan berbudaya di jawa.

Pada kesempatan terakhir, Heri selaku dukuh kwarasan sebagai peserta meminta agar Dinas Sosial memulai restorasi sosial dari kalangan anak- anak yang dimana bisa bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk memasukan muatan lokal berbasis budaya dengan porsi lebih banyak lagi dalam rangka penguatan nilai- nilai sosial dan budaya. (Mungkas)

Baca Juga :  Sat Binmas Polres Gunungkidul gelar pembinaan dan penyuluhan Banser 

Pos terkait