Dinas PUPR Muaro Jambi Gelar Konsultasi Pubilik Penyusunan RDTR Perkotaan

  • Whatsapp
Dinas PUPR Muaro Jambi Gelar Konsultasi Pubilik Penyusunan RDTR Perkotaan. Foto: Ist

Muaro Jambi – Dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi hari ini Senin 21/06/21 menggelar acara Konsultasi Publik I Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Perkotaan Kecamatan Jambi Luar Kota. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Rapat Kantor Dinas PUPR Muaro Jambi ini dihadiri oleh Perwakikan dari OPD Bappeda, Dishub, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, DLH, Perkim, DPMTSP, Perwakilan Camat Kecamatan Jaluko, Lurah Pijoan Para Datuk Kades dan Kadus Kecamatan Jaluko dan NGO serta Para Kepala Bidang Lingkup PUPR Kabupaten Muaro Jambi.

Kepala Dinas PUPR Muaro Jambi Yultasmi menyampaikan sebagaimana diketahui bersama bahwa dalam konteks pembangunan Indonesia, percepatan proses perizinan untuk mendukung tumbuh kembangnya investasi telah menjadi salah satu isu utama. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, telah terbit Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Dan untuk penyelenggaraan penataan ruang, Undang-undang ini telah diturunkan kedalam bentuk peraturan pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang. Peraturan perundangan tersebut mengamanatkan bahwa salah satu dasar percepatan perizinan nantinya adalah melalui peta Rencana Detail Tata Ruang yang telah terdigitasi.

Baca Juga :  Bupati Masnah Hadiri Paripurna Penandatanganan Perda Perubahan APBD 2021

Rencana Detail Tata Ruang sendiri adalah bentuk rencana rinci atau rencana turunan dari Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten dengan ketelitian peta 1:5.000. Rencana Detail Tata Ruang merupakan rumusan rencana pemanfaatan ruang untuk kawasan perkotaan.

“Ada beberapa kawasan perkotaan di Kabupaten Muaro Jambi yang kami identifikasi akan memiliki akselerasi perkembangan relatif lebih cepat. Selain perkotaan Kecamatan Jambi Luar Kota, tentunya ada Perkotaan Sengeti, Perkotaan Mestong, Perkotaan Sungai Gelam dan pusat-pusat kecamatan lainnya yang pada dasarnya telah didorong oleh Pemerintah Pusat untuk dipercepat ketersediaan RDTRnya. Namun karena keterbatasan sumberdaya yang ada saat ini, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi baru dapat memulai dari Perkotaan Kecamatan Jambi Luar Kota,” Kata Yultasmi Kadis PUPR Muaro Jambi.

Baca Juga :  Anggota DPRD Muaro Jambi, Siti Maimunah Apresiasi Pelaksanaan Serbuan Vaksin di Muaro Jambi

Berdasarkan ketentuannya kata Yultasmi, penyusunan Rencana Tata Ruang, wajib didahului oleh konsultasi publik yang bertujuan menampung aspirasi dan masukan dari segenap stakeholders. Forum hari ini adalah titik tolak bagi kita semua untuk dapat memberikan gambaran dan arah perkembangan kawasan perencanaan.

“Oleh karena itu, walau kita masih berada ditengah kondisi Pandemi yang belum menunjukan penurunan seperti saat ini, saya tetap berharap forum ini dapat menghasilkan kesadaran kita bersama untuk dapat saling terbuka dalam merumuskan Isu strategis yang dapat memperkuat muatan RDTR ini,”Tandasnya. (RH)

Facebook Comments