Dinas PPPA Pesibar Gelar Rakor Pembentukan Gugus Tugas dan Evaluasi KLA

  • Whatsapp
Dinas PPPA Pesibar Acara Rakor Pembentukan Gugus Tugas dan Evaluasi KLA

Pesisir Barat : Pemkab Pesisir Barat menggelar acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Gugus Tugas Dan Evaluasi Kabupaten/kota Layak Anak (KLA) di Aula Hotel Sunset Beach, Pekon Way Redak, Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (31/08/2021).

Rakor dibuka langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi, S.Pd., MM. dan di dampingi oleh Kadis PPPA Kabupaten Pesisir Barat Nurkemala S. Pd., M.M, selaku ketua panitia, Kepala Bappeda Drs Zukri Amin, MP dan Fasilitator KLA Provinsi Lampung, Ahmad Azhari, S.pd.

Nurkemala, selaku Ketua Panitia Kadis PPPA Kabupaten Pesisir Barat menyampaikan Maksud dan tujuan Rakor yaitu untuk memperkuat komitmen dan mendorong Gugus Tugas KLA agar berperan secara langsung dalam pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) di Kabupaten Pesisir Barat.

Baca Juga :  Bank Lampung Dukung Galeri Dekranasda Hadir di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni 

“Hal lainnya juga untuk melakukan evaluasi, monitoring, dan persamaan persepsi mengenai upaya-upaya strategis yang dapat dilakukan bersama, jelas Nurkemala.

Ia melanjutkan, “Selain itu Rakor ini juga membahas persiapan dukungan Gugus Tugas dalam pengisian evaluasi pengembangan KLA untuk persiapan penilaian di Tahun berikutnya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi dalam sambutannya mengucapkan selamat serta terimakasih kepada Perangkat Daerah yang terlibat dan bekerja keras mewujudkan Pesisir Barat menjadi Kabupaten Layak Anak.

“Penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat pratama ini dengan poin 500 sampai 600, ini merupakan sebuah apresiasi kepada semua stakeholder terkait dalam KLA,” ucapnya.

Ia berharap ke depannya bisa meningkatkan serta mengupayakan agar prestasi Kabupaten Pesisir Barat dapat meningkat kejenjang berikutnya dan mewujudkan pencapaian yang lebih baik lagi dan dapat mengimplementasikan strategi, menyatukan pemahaman dan langkah untuk melaksanakan program pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Pesisir Barat.

Baca Juga :  Danrem 043/Gatam Pimpin Sidang Parade Calon Tamtama PK TNI AD Gel II Ta 2021 Subpanda Lampung

“Langkah-langkah yang harus ditempuh yaitu dengan cara membangun komitmen bersama seluruh OPD, masyarakat, Dunia Usaha (DU), Media Masa,” katanya.

Audi Marpi melanjutkan, “Dalam pelaksanaan program pemenuhan hak anak perlu adanya peningkatan kualitas penyelenggaraan perlindungan bagi perempuan dan anak, korban kekerasan serta anak yang berkonflik dengan hukum,” lanjutnya.

Ia mengatakan, “Langkah lainnya juga harus mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan tugas perlindungan perempuan dan anak, serta terpenuhinya dokumen pendukung indikator KLA sehingga ke depannya dapat meraih penghargaan yang lebih tingi lagi yaitu tingkat Madya atau bahkan Nindya,” ujarnya.

Audi Marpi menjelaskan ,”Kegiatan KLA ini ada 24 indikator yang harus kita penuhi dan kegiatan tersebut di bagi menjadi 5 (lima) klaster, diantaranya, Bidang Hak Sipil, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan, Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan, Bidang Pendidikan dan Seni Budaya dan Bidang Perlindungan Khusus,” jelasnya.

Baca Juga :  Danrem 043/Gatam Beri Arahan 589 Prajurit Yonif 143/TWEJ

Ia memaparkan, “Untuk memenuhi seluruh klaster-klaster ini, Dinas PPPA harus bersinergi dan berkolaborasi dengan setiap OPD teknis di dalam SK gugus tugas KLA, sehingga target yang diharapkan bisa cepat terealisasi,” pungkasnya. (*)

Pos terkait