Dinas Perikanan Tubaba Gelar Sosialisasi dan Penyerahan ANB Secara Simbolis

  • Whatsapp
Dinas Perikanan Tubaba Gelar Sosialisasi dan Penyerahan ANB Secara Simbolis. Foto: Ist

PANARAGAN – Dinas Perikanan di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), menggelar Sosialisasi dan Penyerahan Simbolis Asuransi Nelayan Berjaya (ANB) Provinsi Lampung Tahun 2021.

Demikian kegiatan tersebut dilaksanakan di Tiyuh (Desa) Daya Asri Kecamatan Tumijajar, Rabu (09/06/2021) pukul 09.10 Wib. Yang dihadiri yakni Perwakilan Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Nelson Febrizal, Sekretaris Dinas Perikanan Tubaba Rasman, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Bandar Lampung yang diwakili Michele Serena, dan 26 Peserta.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perikanan, yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Tangkap dan Pembinaan Rukiza, mengatakan pada tahun ini Kabupaten Tubaba terdapat 65 nelayan yang mendapatkan Asuransi tersebut.

“Dari 65 orang nelayan tersebut terdiri dari 25 orang berusia dibawah 60 tahun, dan 40 orang diatas usia 60 tahun. Program ini merupakan tahun kedua yang dilakukan program ANB, yang dimana program ini telah dimulai sejak tahun 2020 yang mendapatkan 25 orang berusia dibawah 60 tahun.” Jelasnya.

Baca Juga :  Kapolda Lampung Ikuti Rakor Evaluasi Penanganan dan Pengendalian Covid-19 Berbasis Mikro

Sementara itu, Nelson Febrizal, mengatakan jaminan dalam program ANB ini adalah digunakan untuk apabila terjadi kecelakaan kerja dan jaminan kematian sehingga terjadinya kecelakaan dalam suatu pekerjaan maka semua biaya pengobatan akan ditanggung sampai nelayan tersebut sehat.

“Program ANB ini ditanggung Pemerintah selama 1 tahun saja, sehingga untuk selanjutnya nelayan dapat melakukan secara mandiri yaitu mengikuti iuran BPJS Ketenagakerjaan, sebesar Rp 16.800 untuk perbulannya.” Ujarnya.

Pada prinsipnya BPJS ketenagakerjaan ini juga tidak memaksa dan tidak akan ditinggalkan, sehingga apabila jika nelayan kalau bayar akan di cover namun, apabila jika tidak bayar maka tidak akan di cover. Serta jika ada nelayan yang belum mendapatkan kartu ANB tersebut maka dapat mendaftarkan diri pada saat anggaran selanjutnya yang akan diusulkan. (*)

Facebook Comments