Dianggap Tak Penuhi Syarat Prokes, Mendagri Intruksikan Tunda Pilkades

  • Whatsapp

PANARAGAN – Menteri Dalam Negeri Jenderal (Purnawirawan) Tito Karnavian intruksikan kepada kepala daerah guna menunda pemilihan kepala desa serentak yang dianggap tidak memenuhi syarat kesehatan pencegahan Covid-19.

Hal tersebut Dia sampaikan saat Rakor dengan kepala daerah yang sedang akan melakukan pesta demokrasi pemilihan kepala desa di tempat atau daerah masing-masing. Rapat yang dilakukan secara virtual tersebut berlangsung dengan baik yang dihadiri oleh kepala daerah, gugus covid dan para calon kepala desa, Asisten 1 Agus Subagio, Kapolres Tubaba AKBP.Hadi Saepul Rahman.S.Ik. Dandim 0412 Lampung Utara diwakili oleh Pabung Mayor A.Sunarya.S.Sos. Kabag Hukum Sofyan Nur.SH. Kabag Tata Pemerintahan Mansyur Yusuf.SE.MM. Kabid Kesehatan Karyawanto, para Pj.Kepala Tiyuh, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga :  Hina Profesi Wartawan, FPII Laporkan Akun Facebook Eko Ardianto ke Polres Tanjungpinang

Tito menegaskan agar kepala daerah menunda pemilihan bila dianggap akan menbah cluster baru penyebaran covid. ” Saya menegaskan agar menunda pemilihan bila suasana tidak kondusip terutama penyebaran covid, untul setiap TPS maksimal undangan pemilih sebanyak 500 undangan bila lebih dari angka tersebut pada setiap TPS lebih baik menunda diatas tanggal 20 mendatang, tetapi bila ada jaminan bisa saja tetap laksanakan pemilihannya. Kita utamakan kesehatan rakyat daripada kepentingan politik”. Terangnya

Sementara itu Asisten 1 Agus Subagio, mengatakan bahwa Kabupaten Tubaba dari data Hasil rekapitulasi Pemantauan persiapan pelaksanaan Pilkades atau Pilkati Serentak Tahun 2020 di 23 Kabupaten seluruh Indonesia telah memenuhi syarat dalam pelaksanaan daripada Pilkati atau Pilkades.

Baca Juga :  KPU Tetapkan Mukti Agung-Mansur Paslon Terpilih Pilkada Pemalang 2020

“Terkait dalam kesiapan jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni, Tiyuh Panaragan terdiri 12 Suku dengan Delapan TPS, dan jumlah DPT 4.184″. Ujarnya.

Kemudian, Tiyuh Penumangan Enam Suku atau RK Satu TPS dan kurang Empat TPS yang harus disiapkan dengan jumlah DPT 2.752 , Tiyuh Mulya Kencana Lima Suku, Dua TPS, Jumlah DPT 3.849 kurang Enam TPS harus disiapkan.

Tiyuh Gunung Katun Tanjungan Delapan Suku, Satu TPS, dengan DPT 1.097 dan kurang Satu TPS yang harus disiapkan. Tiyuh Bangun Jaya Empat Suku Satu TPS dengan DPT 1.654 dan kekurang Dua TPS.

“Untuk Dana kekurangan TPS, akan dialokasikan dari Pemda melalui Anggaran APBD dan dalam ajuan ke pihak Pemda. Jelasnya. (Eds/jaz)

Facebook Comments