Destinasi Wisata Itu Bernama Pulau Tabuan

  • Whatsapp

Tanggamus – Pulau Tabuan, daerah terpencil terletak di Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, banyak yang belum mengenal pulau ini, dengan destinasi wisata pantai serta hasil laut yang berlimpah dari para nelayan seperti Lobster, Ikan Kakap bahkan blue marli ada di pulau ini, bahkan ikan lumba-lumba dengan mudah di jumpai disini.

Ternyata Pulau Tabuan sebelumnya bernama Pulau Silaban Silingga Puri yang berarti Pulau besar dan megah, untuk itu tim wartawan berangkat mengunjungi pulau itu ingin menyaksikan langsung dan mendengar kisah dari penduduk setempat, melalui Pekon Putih doh Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus adalah rute terdekat yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam, melalui jalur laut, tujuan awal kami di Pekon Karang Buah Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, Rabu (15/01/2020).

Baca Juga :  Atas Kekeliruan Bawahan, Walikota Bekasi Minta Maaf ke Presiden RI

Sesampainya di Pekon Karang Buah, kami di suguhkan dengan pemandangan pantai yang indah, kami tiba disaat air laut surut, terlihat indah jejeran karang di sepanjang pantai, belum puas kami menikmati keindahan pantai, warga mengajak kami untuk melihat lebih jauh keindahan pulau ini, Kami diajak warga jalan ke pedukuhan Way Lebung. Perjalanan dengan kendaraan bermotor menempuh waktu sekitar 20 Menit.

Di sepanjang perjalanan, kami di buat takjub oleh pemandangan yang luar biasa indah. Salah satunya di Karang Kelapa dan di Khuguk Keling. Sayang sekali Pantai yang begitu indah belum tersentuh oleh Pemkab Tanggamus. Padahal kalau pantai ini di promosikan pasti akan menjadi salah satu tujuan destinasi Wisata Favorit di Kabupaten Tanggamus.

Baca Juga :  Nanang Ermanto Sulap Lahan Tidur Rumah Dinas Bupati Jadi Taman Edukasi

Zed dan Zal, warga yang mengantarkan kami mengatakan kalau pantai disini emang sangat bagus. Kekayaan biota lautnya juga luar biasa, seperti lobster, kakap merah, blue marlin, dan lumba lumba.

“Kalau saja tempat ini jadi wisata, pasti masyarakat akan mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga Pemkab Tanggamus bisa memperhatikan dan mempromosikan pantai di Karang Buah ini,” ujar Zal saat menemani kami berpoto di pantai.

Diceritakan warga asal mula diberi nama Pulau Tabuan, pada masa lalu ada seorang Tokoh yang sakti berasal dari Putihdoh yang bernama Minak Senaung, konon katanya dengan beralaskan sajadah terbang ke Pulau Silaban Silinga Puri untuk menetapkan batas kepemilikan wilayah. Setibanya di Pulau tersebut Minak Senaung disambut dan dikelilingi Tabu (Tawon/lebah) karenanya pulau Silaban Silingga Puri ini disebut Pulau Tabuan.

Baca Juga :  Nanang Ermanto Pertahankan Tradisi Predikat WTP di Lampung Selatan

Oleh Minak Senaung ditetapkanlah Pulau Tabuan menjadi dua wilayah yang dibatasi dengan pohon besar yang bergelang (penaga besingkil). Wilayah Minak Senaung meliputi bagian barat Pulau, yang kini menjadi wilayah Pekon Karang Buah dan Kuta Karang. Sedangkan Setapak Jubang (saudara Minak Senaung) sebelah Timur pulau kini menjadi wilayah Pekon Sawang Balak dan Sukabanjar.

Warga berharap Pemkab Tanggamus dapat menggali potensi yang ada di pulau ini, masyarakat disini juga sangat mendampakan adanya internet. “Kami disini hanya ada sinyal buat nelpon aja (2G), belum ada sinyal buat internet (3G, 4G). Agar kami tidak ketinggalan informasi, mohon kepada Bupati Tanggamus agar memperhatikan kami yang di daerah terpencil ini,” ujar warga. (*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.