Dekranasda Pesibar Buka Pelatihan Seni Batik

  • Whatsapp

PESISIR BARAT – Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Septi Istiqlal, membuka pelatihan keterampilan seni batik, di gedung B.Be.C Krui Kampungjawa Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa-Sabtu (10-14/12/2019).

Pelatihan keterampilan seni batik tersebut diikuti peserta sejumlah 30 orang dibagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok diberikan bantuan bahan dan peralatan batik, seperti kompor listrik, canting, mesin jahit, bahan baku (lilin, warna dsb), dengan ujuan untuk menciptakan kerajinan seni batik.

Dalam sambutannya, Septi Istiqlal mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Pemkab Pesibar untuk terus mendorong pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah (IKM) sebagai salah satu penopang perekonomian masyarakat. “Diketahui bersama IKM memiliki peran yang strategis dalam pembangunan nasional,” ujar Septi, seperti dilansir suarapedia.com.

Baca Juga :  Kasrem 043/Gatam Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Krakatau 2021 Polda Lampung

“Pelatihan batik ini merupakan salah satu upaya kita untuk menciptakan produk kreatif yang diharapkan dapat memberikan efek yang positif terhadap perekonomian di Pesibar,” imbuhnya.

Septi juga memotivasi semua pihak untuk mampu menangkap peluang pasar dan membuat produk kerajinan yang beraneka ragam untuk kemandirian industri. Dengan banyaknya tuntutan pasar yang ada saat ini, dan dengan beranekaragamnya kebutuhan masyarakat tentu menjadi sebuah peluang yang harus dioptimalkan. “Dengan kemandirian ekonomi mudah-mudahan akan mengantisipasi adanya krisis ekonomi yang berdampak pada inflasi daerah,” lanjutnya.

Pihaknya berharap melalui pelatihan keterampilan tersebut akan lahir para perajin andalan yang mampu membawa Pesibar bersaing dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Lampung bahkan nasional,” pungkasnya.

Baca Juga :  Terkait Pemukulan Ketua DPRD Lampura, PUSKAMSBL: Uji Nyali untuk Polisi dan Ketegasan BK DPRD Lampura

Kegiatan tersebut juga dihadiri para kepala OPD dan Narasumber pelatihan keterampilan seni, Hidayatullah dan Nyoman weda Astawan, dan para peserta pelatihan seni batik. (*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.