Dekranasda KabupatenTubaba Gelar Lomba Pakaian Adat Lampung

  • Whatsapp

PANARAGAN — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, Menggelar lomba pakaian adat Lampung Megow Pak dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kabupaten Tubaba ke- 12.

Lomba berlangsung di Aula Pemda Tubaba pada Kamis (01/04/2021) pukul 10.00 Wib, yang dihadiri Bupati Tubaba Umar Ahmad, Wakil Bupati Fauzi Hasan, Sekretaris Daerah Novriwan Jaya, seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Camat Se-Kabupaten Tubaba, dan para Peserta.

“Hari ini, kita menggelar lomba pakaian adat Lampung Megow Pak dalam rangka peringatan HUT Tubaba ke 12 dengan tema “Perempuan Bahagia Tubaba Jaya”, dalam acara perlombaan pakaian adat ini Saya yakin apa yang kita lakukan hari ini bukan hanya membuat kita tersenyum akan tetapi pendahulu yang mewariskan budaya juga ikut berbahagia karena apa yang mereka tinggalkan tetap menjadi kebanggaan, maka dari itu kita wajib untuk melestarikan dan menjaga budaya yang telah diwariskan.” Kata Bupati Umar Ahmad.

Baca Juga :  Dandim 0410/KBL Hadiri Rakor Evaluasi Pelaksanaan PPKM Mikro Secara Virtual

Lanjut dia, jumlah peserta yang mengikuti perlombaan tersebut adalah 58 orang yang diwakilkan oleh tiap-tiap ibu Kepala OPD, Asisten, Kabag, dan ibu Camat. Adapun Dewan Juri yang terdapat dalam perlombaan pakaian adat berjumlah 3 orang yakni ibu Comelia Umar, Hj Siti Rahayu dan Ical Ibrahim.

Untuk pakaian adat Lampung yang di kategorikan dalam perlombaan tersebut yang dilombakan yaitu pakaian adat pengantin megow pak , pakaian adat bebay tuho , pakaian adat kanduk sebagi sekebar, pakaian adat mighul, pakaian adat kanduk sebagi andak tengah dan pakaian anduk kanduk andak.

Berdasarkan pantauan Independen Post, dari hasil perlombaan tersebut, dimenangkan oleh Juara 1 pakaian mirul Kecamatan Lambu Kibang, Juara 2 kanduk andak Bagian Ekonomi, dan Juara 3 pengantin Megou Pak Dinas Pendidikan

Baca Juga :  Kodim 0410/KBL Patroli Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Sementara untuk Juara Harapan 1 sebagai andak tengah Dinas Perkimtan, Harapan 2 bebai tuho dari bagian Perencanaan dan Keuangan Daerah, Harapan 3 sebagi sekebar dari Istri Kepala Bappeda. Imbuhnya (Aldo/edsn).

Facebook Comments