Dana Desa Tahap I Kalurahan Dadapayu Abaikan Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi

Gunungkidul – Pemerintah Kalurahan Dadapayu Kapanewon Semanu dalam menggunakan Dana Desa tahap 1 mengabaikan penanganan warga yang terpapar covid 19. Dana Desa pada tahap 1 tersebut digunakan untuk pembangunan fisik di kalurahan Dadapayu sehingga untuk penanganan covid 19 terabaikan.

Menurut keterangan Jumbadi, lurah Dadapayu saat dikonfirmasi terkait hal tersebut menjelaskan, dikarenakan Dana Desa pencairan tahap pertama sudah habis di serap untuk pembangunan dan kurangnya antisipasi awal dari pemerintah kalurahan Dadapayu tentang lonjakan warga terpapar covid 19 dan menjalani isolasi mandiri sehingga belum bisa membantu warganya yang isoman. “sisa dana desa pencairan tahap 1 itu tinggal Rp 13.000,00 di rekening desa,” ujar Jumbadi.

Baca Juga :  Bupati Gunungkidul Kunjungi Ujian Seleksi Pamong kalurahan Giritirto

Di jelaskan juga untuk Dana Desa tahap kedua sudah cair tanggal 9 juli 2021 kemarin, namun karena kamituwo kelurahan sedang sakit selama tiga hari sehingga pencairan dana desa tahap 2 belum bisa diproses. “Sampai hari ini para pamong pun juga belum ada yang gajian,” ucap Jumbadi.

Sementara itu warga Dadapayu mengeluhkan bantuan dari kelurahan yang tak kunjung datang sebanyak 8 kepala keluarga di padukuhan Sempon, Kelurahan Dadapayu,kapanewon Semanu yang sedang isolasi mandiri(isoman) maupun sudah selesai isoman keluhkan bantuan permakanan maupun vitamin dari kelurahan yang tak kunjung datang hingga sabtu 17 juli 2021.

Menurut Warni salah satu warga yang sedang isoman melalui pesan singkat whatshap yang merupakan warga padukuhan Sempon kulon RT 003/015,kelurahan Dadapayu,kapanewon Semanu  mengatakan kalau dirinya berserta 4 anggota keluarganya juga belum dapat bantuan dari kelurahan dan sudah melaksanakan isoman dari tanggal 10 juli 2021 “kemarin kami baru mendapatkan bantuan dari tim SAR dan saya berharap pemerintah kelurahan untuk memperhatikan warganya,” terang Warni. (Mungkas)

Facebook Comments