Dana Desa Pekon Banyuwangi Bangun Jalan Onderlagh

  • Whatsapp

PRINGSEWU- Pekon Banyuwangi, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, merealisasikan dana desa tahap 2, tahun anggaran 2019 untuk pembangunan jalan onderlagh.
Dari total anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat untuk Pekon Banyuwangi yakni sebesar Rp1.195.189.000 yang difungsikan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan.
Dengan menerapkan sistem Padat Karya Tunai yang bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran dengan memberdayakan masyarakat sekitar serta memanfaatkan sumber daya yang ada di Pekon tersebut.
“Salah satunya adalah pembangunan jalan onderlagh sepanjang 2016 meter di Dusun 2 dan Dusun 3 dengan besaran anggaran senilai Rp. 478.075.600 jadi prioritas utama. karena melihat kondisi jalan menuju Tempat Pemakaman Umum dan jalan menuju perkebunan warga sangat becek kalau musim hujan,” ungkap Penjabat Sementara Kepala Pekon Banyuwangi, Astaman Yuda kepada koran ini, Sabtu (2/11)
“Kalau hujan jalan ini sangat becek mas, karna ini tanah merah. Jalan ini juga akses menuju ke perkebunan warga dan Tempat Pemakaman Umum, makanya jalan ini jadi prioritas kami,” jelasnya
Kalau DD tahap 1 sebesar 20 persen, kata dia, kita realisasikan untuk pemberdayaan yang terbagi dibeberapa bidang kegiatan diantaranya, bidang olahraga, Peningkatan kelembagaan, pelatihan budidaya ikan, teknologi tepat guna dan peningkatan kapasitas aparatur pekon.
“Penggunaan dana desa gak hanya berkaitan sama infrastruktur saja. Tapi juga untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia juga,” bebernya.
Astaman mengatakan, dana desa tahap 3 nanti rencananya akan digunakan untuk pembangunan rabat beton sepanjang 170 meter di Dusun 003 RT 11, onderlagh sepanjang 1000 meter dan gorong-gorong sebanyak 5 unit.
“Masih ada PR kita di tahap 3 yaitu rabat beton, onderlagh dan gorong-gorong yang menjadi prioritas kita juga,” kata dia.
Dia berharap agar upaya yang ia kerjakan untuk Pekon Banyuwangi bisa bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Karena Oktober 2020 kata ia, ia sudah pensiun. Jadi ini sebagai kenang-kenangan di akhir masa jabatannya.
“Harapan saya, melalui dana desa, Pekon Banyuwangi semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera serta mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada,” tutupnya.
(son)

Facebook Comments
Baca Juga :  DPC AWPI Kota Bekasi Sesalkan Satpol PP Kurang Tanggap Terhadap THM Yang Beroperasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.