Damkar Pemalang Bantu Warga Musnahkan 26 Sarang Tawon Vespa

  • Whatsapp

PEMALANG – Bentuknya tidak sebesar tawon gung atau warga biasa menyebut tawon balo. Namun meski tidak begitu besar sengatannya bisa membuat orang kesakitan, bahkan berujung meninggal dunia. Itulah tawon vespa yang telah dimusnahkan berikut sarangnya oleh Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Pemalang.

Kordinator Lapangan (Korlap) unit Damkar Pemalang Sonhaji menyatakan, keberadaan tawon vespa rupanya masih meresahkan warga. Bahkan di awal tahun 2021 ini, Tim Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Pemalang sudah memusnahkan 26 sarang tawon mematikan tersebut. “Jumlahnya masih terus banyak (bertambah), untuk Januari saja kita sudah evakuasi 26 sarang,” jelasnya, Selasa (12/01/2021)

Dia mengatakan, penyebaran tawon jenis afinis ini hampir merata di wilayah Pemalang. Dalam sehari, timnya bisa mengevakuasi tiga hingga empat sarang tawon dari lokasi yang berbeda-beda. Evakuasi dilakukan malam hari dengan cara dibakar menggunakan gas elpiji yang dipasang selang panjang. “Petugas Terkadang harus memanjat genting atau pohon yang lumayan tinggi,” kata Sonhaji.

Baca Juga :  Bupati Mukti Agung Lantik 9 Pejabat Eselon II B di Lingkup Pemkab Pemalang

Petugas, lanjutnya, menurutnya sudah dibekali baju pengaman dan peralatan lengkap untuk melindungi diri, mengingat karakter tawon jenis ini cukup agresif serta membahayakan bila sarangnya diusik. “Kemarin kita evakuasi di RT 02 RW 02 Desa Kebojongan, Kecamaran Comal terangnya.

Permintaan untuk mengevakuasi dan memusnahkan tawon vespa berikut sarangnya masih cukup banyak, hampir di 14 kecamatan se wilayah Kabupaten Pemalang, diantaranya didominasi oleh Kecamatan Pemalang, Taman, Petarukan, Comal, Ampelgading, Ulujami, Moga, Randudongkal dan Kecamatan Bantarbolang, sehingga petugas dibagi dalam beberapa tim. “Nanti malam saja ada 3 tempat berbeda di Kelurahan Mulyoharjo yang akan dievakuasi,” pungkas dia. (Tris/Rd)

Pos terkait