Busu Danu: Makanan Khas Kutai harus Menjadi Menu Andalan IKN

  • Whatsapp
Budayawan Kutai, Ari Danu Saputra yang akrab disapa Busu Danu. Foto: Ist

Kukar: Semenjak Kabupaten Kutai Kartanegara ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ibu Kota Negara (IKN) maka membuat Budayawan Kutai Ari Danu Saputra yang akrab disapa Busu Danu angkat bicara, agar supaya makanan khas Kutai tetap menjadi menu makanan andalan tradisional disetiap jamuan Nasional dan Kenegaraan di ibu kota baru nanti.

Menurut Busu Danu pada Haluan Indonesia (29/05/2021) Kami warga Kutai sangat melestarikan ada istiadat kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura ini. Kepada Ketua DPRD, Bupati, Dinas Pariwisata agar dapat menyampaikan hal ini kepada tim IKN maksud kami rakyat Kukar saat ini. Sehingga makanan Kutai selalu tetap lestari dan dikenal selalu. Mengenai hal itu Busu Danu juga sangat menaruh respon positif terhadap kepemimpinan Pak Jokowi yang selalu mengedepankan dan mendengarkan kepentingan rakyatnya “Pak Jokowi so pasti paling paham lah soal ini, kalo kita hanya sebatas mengingatkan pemerintahan di daerah saja jangan sampai pelupan (bahas kutai; Lupa). Beliau paling paham pasti pribahasa ini “Dimana Bumi Dipijak disitu langit dijunjung” terang Busu Danu.

Menu kuliner khas Kutai ini sudah tertuang dalam Regulasi Daerah dengan Perda Nomor 2 tahun 2016 tentang Pelestarian Adat Istiadat Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang memasukan beberapa jenis panganan khas Kutai. ” sudah jelas lah, dalam regulasi tersebut terutama di pasal 15 ayat 1, 2 dan 3 apa saja makanan etam kutai yang tersohor sejak jaman kerajaan, jaman penjajahan sampai jaman repormasi saat ini ” ujar Busu Danu yang telah mendapat gelar Doktor Honoris chausa /DR.Hc bidang kebudayaan dari salah Satu Universitas di India ini.

Diantara makanan khas populer saat ini di Kutai yaitu ada 10 yaitu ; Sate payau, Nasi bekepor, babongko, sayur asam kutai, rabon ruan, gegicak, amparan tetak, pisang gapit, amplang dan roti pisang. (VAF)

Facebook Comments