Bupati Dewi Handajani Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif

  • Whatsapp
Bupati Dewi Handajani Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif

Tanggamus — Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif, di Gedung Serbaguna (GSG) NU, Kecamatan Gisting, Kamis (4/11/2021).

Bimtek yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan tersebut, dilakukan terhadap 100 Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Tanggamus.

Bupati Dewi Handajani yang juga Bunda PAUD Kabupaten Tanggamus, dalam sambutannya mengatakan bahwa pengembangan anak usia dini holistik integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan berintegrasi.

“Tumbuh kembang anak usia dini harus diprioritaskan sebagai investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia yang menjadi landasan sekaligus menentukan perkembangan anak selanjutnya,”

Baca Juga :  Ketua K3S Tanggamus Bantah Terlibat Mark Up dan Pengkondisian Pengadaan Plang dan Baju Batik Dana BOS 2021

“Karena PAUD merupakan layanan pendidikan anak usia dini yang menggabungkan proses asah, asih, asuh sebagai upaya untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai prinsip holistik integratif,” papar Bunda Dewi.

Lebih lanjut, Bunda Dewi menyampaikan harapannya kepada satuan PAUD yang mengikuti bimtek. Agar nantinya dapat mewujudkan anak yang sehat, cerdas, ceria dan memiliki akhlak yang mulia.

“Saya harap peserta kegiatan Bimtek memperhatikan apa yang disampaikan pemateri dan nantinya dapat diterapkan dimasing-masing PAUD yang diajarnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, dalam laporannya menyampaikan pengembangan anak usia dini holistik integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yg dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial. Salah satunya yaitu dengan menyekolahkan anak di PAUD Holistik Integratif.

Baca Juga :  Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Kunjungi Bersama Didiet Maulana Kunjungi Pengrajin Tenun di Dusun Sailing, Pekon Sumbermulyo

Menurutnya, anak didik bukan hanya memperoleh layanan pendidikan semata, melainkan juga diberikan layanan kesehatan dan gizi, pola pengasuhan dan perlindungan untuk mewujudkan layanan PAUD Holistik Integratif.

“Semua layanan ini akan menjadi kebijakan yang akan dilaksanakan demi pengembangan anak usia dini dengan selalu melibatkan pihak pemerintah, organisasi kemasyarakatan dan para orang tua,” ujar Yadi.

Bimtek ini dilaksanakan selama 4 hari yang diikuti oleh para Kepala Sekolah TK, Pengelola PAUD, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak dan satuan PAUD sejenis.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Disdukcapil Tanggamus Darma Setiawan, Camat Gisting Purwanti, serta diikuti secara virtual oleh Koordinator Bidang Peserta Didik Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan Nasional. (Fahmi y)

Baca Juga :  Wabup Tanggamus Ikuti Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah 2021 Bersama Kemendagri

Pos terkait