Bupati dan Kapolres Gelar Rapat Bahas Batubara Dilarang Melintasi Muaro Jambi di Bawah Jam 9 Malam  

  • Whatsapp
Bupati dan Kapolres Gelar Rapat Bahas Batubara Dilarang Melintasi Muaro Jambi di Bawah Jam 9 Malam

Muaro Jambi – Bupati Muaro Jambi, Hj Masnah Busro melarang truk batubara dan CPO melintas Kabupaten Muarojambi di bawa jam 9 malam. Penegasan ini disampaikannya saat rapat koordinasi dengan forkopimda yang dihadiri langsung oleh Kapolres Muaro Jambi, AKBP Yuyan Priatmaja, Pabung 0415 Batanghari dan Kepala OPD Lingkup Pemkab Muaro Jambi.

“Kalau jam 6 sore itu kan masih ramai, ada orang pergi solat, anak anak pergi mengaji, lalu lintas di jam ini sangat ramai. Jadi saya minta untuk truk batubara ini lewatnya di atas Jam 9 malam,” kata bupati Masnah

Dalam pembahasan rapat, Bupati menyampaikan, dirinya beserta jajaran akan melakukan langkah alternatif sementara sebagai solusi permasalahan angkutan batubara ini berupa penyediaan kantong-kantong parkir bagi mobil angkutan untuk mengurai kemacetan dan mecegah terjadinya kembali lakalantas yang akhir-akhir ini sering terjadi di wilayah Kaupaten Muaro Jambi.

Baca Juga :  Bupati dan Kapolres Muaro Jambi Hadiri Rapat perbaikan Jalan Kecamatan Taman Rajo

“Untuk alternatif sementara, kita siapkan beberapa kantong parkir di Kecamatan Mestong dan Jaluko. Kita juga sudah koordinasikan dengan TNI Polri, kita akan cek mana kantong parkir yang akan direalisasikan untuk parkir angkutan batubara,” ungkapnya.

Bupati Masnah juga minta aparat kepolisian dan TNI untuk menindak sopir angkutan batubara yang melanggar aturan yang sudah disepakati Bersama.

“Kita akan lakukan penjagaan di Dua Pos itu, kita minta di stop dulu dan diparkirkan di kantong parker, kemudian lewat Jam 9 malam baru diperbolehkan lewat,” sebutnya.

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan langkah strategis sebagai solusi permasalahan angkutan batubara dengan merealisasikan pembangunan jalan khusus batubara. Pemda Muaro Jambi akan membantu terkait pembebasan lahan untuk pembangunan jalan angkutan di Muaro Jambi.

Baca Juga :  Bupati dan Kapolres Muaro Jambi Sambut Piala Juara Binter Tingkat Kodim Tipe A Tahun 2021 

“Untuk jangka panjang, masalah mobilitas angkutan batubara ini, jalan khusus batubara, yang notabene juga melewati jalan di Muarojambi, itu diperkirakan hampir 70 Km sampai ke pelabuhan. Kita akan bantu pembebasan lahan untuk pembangunan jalan ini, karena wacana pembangunan jalan ini sudah 10 tahun yang lalu. Jadi mohon ini untuk ditindaklanjuti Pak Gubernur, karena titik akhirnya itu di Muaro Jambi. Pelabuhan kita itu adanya di Muaro Jambi,” pungkasnya. (RH)

 

Pos terkait