Bupati Agus Harapkan Dinas Dukung Perwujudan KLA

  • Whatsapp

PESISIR BARAT – Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal, menghadiri dan membuka acara Koordinasi Tim Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA), di ruang OR Cukuh Tangkil Sekretariat Daerah, pada Senin, (18/11/2019).

Bupati menyampaikan, bahwa kegiatan KLA telah dilakukan di 349 Kabupaten / Kota, termasuk di Kabupaten Pesisir Barat. Penghargaan KLA pada tahun 2017 telah diberikan kepada 126 Kabupaten / Kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika semua Kabupaten / Kota berhasil memenuhi semua hak dan melindungi anak, maka Indonesia Layak Anak akan terwujud pada tahun 2030 mendatang, jelas Bupati.

Implementasi mengacu pada indikator KLA yang dijabarkan ke dalam 5 (lima) klaster hak anak, yaitu hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni dan budaya dan perlindungan khusus.

Baca Juga :  Hengki Ahmat Jazuli: Musda AWPI Provinsi Lampung bisa Jadi Barometer AWPI di Seluruh Tanah Air

Karena itu, implementasi tersebut perlu melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pimpinan daerah, jajaran perangkat daerah, legislatif, penegak hukum (Polisi, Kejaksaan, Pengadilan), media, lembaga masyarakat, dunia usaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, para orangtua dan keluarga, anak-anak, serta seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali, jelas Bupati.

Poin terpenting dari proses pengembangan KLA yaitu, koordinasi di antara para Stakeholder, terkait pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Saya sangat berharap penguatan koordinasi para stakeholders di Kabupaten Pesisir Barat dapat terus ditingkatkan melalui mekanisme Gugus Tugas yang telah dibentuk pada tahun 2017 yang lalu, tegas Bupati. Saya berharap dari 30 wakil Dinas / Lembaga terkait yang ada di Kabupaten ini, untuk meningkatkan efektivitas koordinasi, tambah Bupati.

Baca Juga :  Panglima TNI dan Kabaharkam POLRI Tinjau Vaksinasi Merdeka di Lampung

Peran aktif Dinas / Lembaga terkait agar terus meningkatkan koordinasi, dalam rangka mengembangkan kebijakan dan program, maupun inisiatif kegiatan yang mampu mendukung percepatan perwujudan KLA. Sehingga nantinya akan menciptakan sumber daya manusia yang unggul di masa depan dan apa yang akan dituju dapat tercapai, jelas Bupati.

Bupati juga berharap agar nantinya abupaten Pesisir Barat bisa menyandang predikat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). Oleh karena semua indikator KLA bisa juga mendukung Nawacita, Kabupaten Sehat, Kabupaten Aman Bencana, Kabupaten Peduli HAM, Kabupaten inklusi, Kabupaten Peduli Lingkungan (Adipura), Smart City, SDGS (Sustainable Development Goals) dan lain-lain, tutup Bupati.
(indra)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.