BPBD Metro Gelar Acara Evaluasi bagi Para Relawan BPBD Kelurahan

  • Whatsapp
BPBD Metro Gelar Acara Evaluasi bagi Para Relawan BPBD Kelurahan

Metro – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro menggelar acara evaluasi bagi para relawan BPBD di tiap kelurahan se-Kota Metro. Kegiatan tersebut, dalam rangka kesiapan BPBD Kota Metro bila terjadi bencana alam nantinya. Acara berlangsung di halaman BPBD Kota Metro, Rabu (17/11/2021).

Turut hadir Kepala BPBD Kota Metro, Sekertaris BPBD Kota Metro, Ketua Relawan BPBD Kota Metro, serta para relawan BPBD di setiap kelurahan se-Kota Metro.

Firdaus Saparyani selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro menyampaikan, hari ini kegiatan kita adalah mengundang relawan penanggulangan bencana yang ada di kelurahan. Dimasing-masing kelurahan, kita ada dua orang relawan.

“Mereka inilah, yang setiap saat memonitor, memantau situasi yang ada di kelurahan, dan tanggap terhadap kondisi-kondisi keadaan alam. Mereka-mereka relawan inilah, yang langsung menangani dibawah. Setelah itu, barulah mereka melaporkan kepada kita yang ada di kantor BPBD Kota Metro. Jadi, relawan inilah tenaga inti kita yang ada dilapangan,” ujar Firdaus.

Baca Juga :  DPRD Metro Gelar Paripurna Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Metro 2021-2024

Firdaus juga menyampaikan, memasuki musim penghujan saat ini. Tentunya, kesiapan kita tetap tidak terlepas daripada relawan.

“Karena, relawan itulah yang akan kita kerahkan, dan kita minta untuk kesiap siagaan nya, disamping itu kita juga sudah berkolaborasi, bekerjasama dengan semua kelurahan, untuk menginformasikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat terhadap kesiap siagaan kita menghadapi musim penghujan,” ujar Firdaus.

Tak hanya itu, Firdaus juga mengatakan, terkait dengan pohon-pohon, sebelum datangnya musim penghujan, kita harus sudah melakukan pemantauan pohon-pohon se-Kota Metro.

“Bilamana ada pohon yang tumbang, menutupi saluran air, menutupi irigasi dan mengarah ke jalan umum, segera laporkan ke BPBD Kota Metro, dan Satgas BPBD Kota Metro langsung menindaklanjutinya. Karena pohon yang sudah tumbang adalah kewenangan dari BPBD. Akan tetapi, apabila pohon itu masih berdiri dan belum tumbang, dan disitu terlihat ada indikasi pohon itu keropos dan akan tumbang, diharapkan kepada masyarakat, agar segera menghubungi lurah, supaya lurah nanti bisa berkoordinasi dengan dinas terkait,” ujar Firdaus.

Baca Juga :  Satpol PP Metro Gelar Sertijab Pejabat Administrator dan Pengawas

Saya menghimbau, kepada para orang tua, di musim penghujan ini, agar anak-anaknya selalu diawasi secara intensif. Kadang-kadang yang sering kita dengar, di musim penghujan, banyak terjadi anak-anak terbawa arus sungai. Hal seperti itulah yang harus kita hindari, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Dan kepada masyarakat, buanglah sampah pada tempatnya, agar tidak terjadi banjir.(Rls/)

Pos terkait