Bawaslu Pesibar Himbau Paslonkada “Debat Publik Jangan Bawa Contekan”

  • Whatsapp

PESISIR BARAT – Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Menghimbau Pasangan Calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2020 Tidak membawa contekan dalam debat publik pada tanggal 18 bulan ini, Sesuai dengan Surat Bawaslu Pesisir Barat kepada KPU Kabupaten Pesisir Barat pada tanggal 10 November 2020 dengan Nomor : 199/K.LA-02/PM.00.02/XI/2020. Selasa(16/10/2020)

Perihal Himbauan Pelaksanaan Debat Publik, yang mana didalamnya tertuang Pasangan Calon tidak membawa Berkas/tumpukan berkas pada saat didalam ruangan debat publik dan hanya dapat membawa satu lembar kertas dan pena.

Menurut Heri Kiswanto, S.Sos.I Komisioner Bawaslu Kabupaten Pesisir Barat Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga ini mengatakan, pelaksanaan debat publik pertama ini harus bisa dinikmati secara virtual. Dan tidak terpaku dengan contekan Sehingga penyampaian program bisa sampai ke masyarakat dengan maksimal.

Baca Juga :  Gubernur Lampung Lantik Anggota KPID Provinsi Lampung Masa Jabatan 2020 - 2023

HK sapaan akrabnya itu menambahkan “Saya merasa akan lebih baik jika paslon tanpa membawa contekan. Karena pastinya suasana debat akan terlihat cair dan tidak kaku, kita percaya tanpa ada contekan paslon bisa bebas menyampaikan gagasannya sehingga debat lebih hidup,” imbuhnya.

Selain itu HK juga menegaskan
“Itu penting, karena masyarakat bisa menilai dan tahu visi dan misi yang disampaikan paslon itu sudah tertanam di kepala paslon bukan tertanam di kertas saja. Selain itu Paslon juga harus lebih kreatif bagaimana visi misi paslon bisa sampai dan diterima oleh masyarakat dengan baik”. terangnya

” Termasuk kemudian dalam debat perlu kita lihat komitmen nya, bagai mana masing-masing Paslon punya strategi dalam memulihkan wabah pandemi yang saat ini sedang melanda” ungkap HK.

Baca Juga :  Pemprov Lampung Tandatangani Nota Kesepahaman Dengan Pertamina dan Bank BRI

HK juga mengatakan mereka siap melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat.

Kata HK, ada beberapa hal yang menjadi fokus pengawasan dari Bawaslu Salah satunya adalah tentang penerapan protokol kesehatan, selain itu Bawaslu juga ingin memastikan bahwa penyelenggaraan pilkada Pesisir Barat berjalan profesional, dalam arti memberikan perlakuan yang sama pada masing-masing Paslon.

“Kita juga memastikan penyelenggara profesional dalam memberikan pelayanan dan perlakuan yang sama kepada setiap Paslon,” tutupnya. (Red)

Facebook Comments