Arinal Ajak Forum DAS Lampung Berinovasi

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mengajak Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Lampung melakukan terobosan dan inovasi pemanfaatan aliran sungai untuk kesejahteraan masyarakat, termasuk memfungsikan DAS sektor perikanan, pertanian, dan perkebunan.

Hal tersebut disampaikan Arinal saat menerima audiensi dari Forum DAS Provinsi Lampung, di Ruang Kerja Gubernur, Senin (9/12).

“Forum DAS Lampung bisa berperan serta terhadap keberlangsungan beberapa komoditas, termasuk aliran sungai bisa untuk keberlangsungan perikanan,” kata Arinal.

Sektor kehutanan, lanjut Arinal, Forum DAS Provinsi Lampung juga bisa melakukan program penghijauan taman nasional/hutan lindung. Dia meminta agar melakukan penanganan pemafaatan aliran sungai di Kabupaten Tulang Bawang dan Way Kanan.

Baca Juga :  Resmi jadi Ketua DPD AWPI Lampung, Refky Akan Jadikan AWPI Organisasi yang Kompeten

“Terhadap program-program itu bisa dilakukan pengkajian terlebih dahulu tahun 2020 hingga 2021, lakukan bertahap lalu mulai pelaksanaan di lapangan. Tapi yang tak terlalu lama mungkin terhadap persoalan sampah di Bandar Lampung yang bisa dilakukan lebih dulu,” katanya.

Arinal mengajak Forum DAS Provinsi Lampung berperan secara aktif untuk berkreativitas dalam rangka memberikan kesejahteraan terhadap warga masyarakat Lampung. “Kalau perlu nanti dicarikan CSR dan kita adakan Focus Group Discussion,” ujarnya.

Peran OPD terkait juga harus dilibatkan dengan ikut serta mendukung keberlangsungan Forum DAS di Provinsi Lampung. “Mari kita menggerakan berbagai sektor dan berkarya bersama-sama,” katanya.

Arinal mengatakan tugas Forum DAS Provinsi Lampung selain penanganan terhadap sungai Way Seputih dan Way Sekampung, juga untuk pembangunan berbagai sektor agar berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga :  Serbuan Vaksin di Denpom II/3 Lampung, Warga: Terima Kasih Denpom II/3 Lampung

“Forum DAS Lampung bisa melakukan program seperti pengendalian sampah yang kita mulai dari Bandar Lampung, dengan mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mencemari sungai,” ujar Arinal.

Sementara itu, Ketua Forum DAS Provinsi Lampung Prof. Irwan Sukri Banuwa mengatakan kehadiran Forum DAS Provinsi Lampung yang di dalamnya tergabung berbagai lintas organisasi termasuk OPD Pemerintah Provinsi Lampung, siap berkoordinasi untuk mewujudkan berbagai usulan dari Gubernur Arinal Djunaidi.

Pada kesempatan itu, Irwan juga mengundang Gubernur Arinal untuk menghadiri kegiatan Lokakarya Pengendalian Banjir dan Kekeringan yang dilaksanakan Selasa (10/12/2019) esok di Hotel Sheraton Bandar Lampung. (hms/ria)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.