Akibat Pandemi Covid-19, Inna’s Villa Desa Terpaksa Harus Merumahkan Para Karyawan

  • Whatsapp
Lokasi : Penginapan " Inna's Villa Desa " di Pekon Wayredak, Kec. Pesisir Tengah, Kab. Pesisir Barat. Foto: Ist

Pesisir Barat – Wabah Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2019 lalu sampai dengan sekarang tahun 2021 telah membuat hampir seluruh para pelaku usaha putar otak keras untuk tetap bisa bertahan agar usahanya tetap berjalan.

Seperti halnya yang diakui oleh Joko (41), salah seorang pengelola penginapan ” Inna’s Villa Desa ” yang ada di Pekon (Desa) Wayredak, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, pada Selasa 06 Juli 2021.

” Sebelum terjadi pandemi Covid-19, penginapan kami disini selalu penuh dengan pengunjung, khususnya Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang berlibur kesini (Krui-red), ” ungkap Joko. ” Bahkan tiga sampai enam bulan sebelum berlibur, mereka sudah booking (Memesan) kamar untuk berlibur kesini, ” ujar Joko.

Baca Juga :  Lantas Polres Mesuji Bagi-bagi Masker ke Pedagang dan Pengunjung Pasar Simpang Pematang

” Pada tahun 2020, hanya 20% saja para pengunjung yang menginap disini, itu juga para wisatawan lokal, seperti dari Bandar Lampung, Metro, Mesuji, Pringsewu, Lampung Tengah, Kotabumi, Sumsel dan daerah lainnya, ” tambah Joko.

” Kunjungan para wisatawan lokal tersebut juga hanya untuk liburan Weekend (Akhir Pekan), jadi hanya untuk satu dan dua hari saja, berbeda dengan para wisatawan dari mancanegara yang bisa berbulan – bulan berlibur disini, ” ungkap Joko.

” Karena Pandemi Covid-19 ini juga akhirnya kami harus merumahkan hampir sebanyak 16 orang karyawan dari sebelumnya yang ada 20 orang karyawan yang bekerja disini, ya harus bagaimana lagi, bukan kami tidak punya rasa kemanusiaan ” ungkap Joko lagi.

Baca Juga :  BAIN-HAM RI Harap Para Cakades Bebas dari Narkoba

” Untuk biaya operasional saja, kami harus menambah biaya , seperti membayar listrik, internet, gaji karyawan dan lainnya, jadi ya terpaksa kami merumahkan hampir 80% dari karyawan kami, ” ungkap Joko.

” Harapan saya kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata, agar bisa menambah lokasi – lokasi destinasi wisata yang baru dan menarik yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan lokal, saat mereka berlibur akhir pekan (Weekend), hal tersebut tentunya untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan ke Kabupaten ini, ” ujar Joko.

” Karena umumnya para wisatawan lokal yang berkunjung kesini selalu menanyakan lokasi destinasi wisata yang lainnya untuk bisa dikunjungi, jadi tidak hanya objek wisata pantai Labuhan Jukung saja yang bisa dikunjungi, ” ungkap Joko.

Baca Juga :  Pemkab Pesibar Adakan Rakor Bulanan Bersama OPD

” Untuk tahun 2021 ini, mulai ada sedikit peningkatan kunjungan dari wisatawan lokal, tapi untuk kunjungan para wisatawan mancanegara tidak ada yang masuk sama sekali kesini, ” ungkap Joko.

” Harapan saya semoga saja pandemi Covid-19 ini bisa segera berlalu berakhir, sehingga perekonomian bisa berjalan seperti dulu, khususnya bagi masyarakat yang ada di Kabupaten ini,  ” tutup Joko. (*)

Facebook Comments