ADD Tak Transparan, Masyarakat ‘Geruduk’ Kantor Kades

  • Whatsapp

Lampung Selatan – Pengelolaan anggaran penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Maja, kecamatan kalianda kabupaten lampung selatan (Lamsel) dengan sumber anggaran Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2017 disinyalir tidak berjalan alias mandek, hal ini ditenggarai oleh buruknya kinerja pemerintahan desa setempat.

Hal itu berdampak pada warga masyarakat yang seharusnya dapat menerima manfaat dari bantuan tersebut baik di sektor pertanian maupun simpan pinjam usaha mikro dan kecil menengah tetapi fakta berkata lain.

Karena hal tersebut masyarakat Desa Maja, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), mendatangi kantor desa setempat, Kamis (28/05/2020).

Secara teknis dana bantuan penyertaan modal BUMDes Desa Maja yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2017 tersebut sudah terealisasi dengan penuh namun nyatanya dana penyertaan modal tersebut tidak jelas peruntukannya serta papan plang Bumdes pun tidak terpasang.

Baca Juga :  Pastikan Pelayanan Berjalan Baik, Pjs. Bupati Pesibar Sidak di Enam OPD

dalam pertemuan tersebut turut hadir yakni Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda guna mempertanyakan tidak transparannya kepala Desa Maja Safrian terkait penggunaan Dana Desa (DD) sejak tahun 2017 hingga Dana Desa (DD) Tahun 2020.

Pasalnya pada surat undangan yang bertuliskan masyarakat mengundang lapisan pemerintah desa baik Kepala desa, dan pemerintah desa lainnya guna untuk menanyakan terkait Dana Desa (DD) Badan usaha milik desa (Bumdes) dan bantuan Tsunami yang saat ini menjadi polemik di masyarakat maja, namun nyatanya tidak seperti yang diharapkan ketua Bumdes hilang terbawa angin.

“Disini kami menanyakan tentang anggaran dana desa (DD) badan usaha milik desa (Bumdes) serta dana korban yang terkena dampak tsunami 2018,” Seru Masyarakat Maja.

Baca Juga :  Ini Kata Ketua AWPI Kota Metro Terkait Polemik PKH Di Kampung Bumi Jaya Lamteng

Adapun selanjutnya tuntutan masyarakat tersebut meminta kepada kepala desa Maja, Safrian Untuk mendatangkan Ketua Bumdes, dan Ketua Bpd, sebagaimana sesuai dengan surat undangan yang beredar agar masyarakat puas dengan jawaban dari pertanyaan pertanyaan yang di lontarkan.

“Disini kami masih menunggu kesiapan dari kepala desa untuk memanggil semua lapisan aparat desa nya, Insyaallah dalam minggu minggu ini kami akan mengadakan perkumpulan lagi,” Ucap ilham setelah mengikuti pertemuan. (Shn)

Facebook Comments