50 Personel Saka Bahari Jateng Ikuti Program Pelantara ke-10

  • Whatsapp
50 Personel Saka Bahari Jateng Ikuti Program Pelantara ke-10

Tegal – Saka Bahari Perwakilan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengikuti program Pelayaran Lingkaran Nusantara (Pelantara) ke-10 yang digelar di Bumi Perkemahan Wana Samudera Kalibakung Kabupaten Tegal oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut Tegal (Penerangan TNI AL Tegal).

Sebanyaknya 50 personil Saka Bahari wilayah provinsi Jawa Tengah terlibat dalam kegiatan upacara pembukaan pelayaran pelingkaran nusantara(Pelantara) yang di selenggarakan oleh Mabes TNI AL dalam hal ini Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) dalam pelaksanaanya.

Pelaksanaan Pelantara di jadwalkan akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 11 oktober 2021 s/d 15 oktober 2021.

Kegiatan Perkemahan Pelantara Saka Bahari Tahun 2021 dengan tema ”Melalui Penyelenggaraan Pelantara-10 TA 2021 Kita Wujudkan Semangat Bela Negara, Karya Bhakti dan Cinta Tanah Air yang Berwawasan Kebangsaan dimasa Pandemi Covid -19”. Adapun bertindak sebagai Inspektur upacara Sekdispotmaral Kolonel Laut (P) I Gede Putu Aswan, Senin ( 11/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Sekdispotmar Kolonel Laut (P) I Gede Putu Aswan, Kolonel Mar Widoyono Kasubdis Konsos Spotmaral ,Letkol Laut (KH) Mujahidin Pabandya Binpers Spotmar Kasal, Rahendrotomo, Sekda Bupati Tegal Bpk. dr. Widodo Joko Mulyono, M.Kes.,MM , Danlanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, Mtr. Hanla., CHRMP., Kadis Kelautan perikanan dan peternakan Ibu Ir. Khofifah, MM dan jajaran instansi Forkopimcam setempat.

Baca Juga :  Lanal Tegal gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Pada kegiatan pembukaan upacara pelantara tersebut di laksanakan juga ziarah dan tabur bunga rombongan dlm rangka Perkemahan Pelantara-10 TA 2021 di TMP pejuang ALRI CA.lV kalibakung dengan pimpinan ziarah Sekdispotmaral Kolonel Laut (P) I Gede Putu Aswan dan di ikuti oleh robongan.Setelah melaksanakan ziarah ,rombongan melaksanakan pertemuan tokoh yang di antaranya Dispotmaral Mabesal, Kwartir nasional, Kwartir daerah dan Kwartir cabang.

Dalam amanat Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) Markos sebagai pimpinan pusat Saka Bahari yang di bacakan oleh inspektur upacara menyampaikan bahwa “Marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua sehingga pada hari ini, kita dapat melaksanakan upacara pembukaan perkemahan Pelantara-10 TA 2021 dalam keadaan sehat wal afiat,”

Baca Juga :  Lanal Tegal gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Kadispotmar TNI AL selaku ketua pimpinan saka bahari tingkat nasional menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan ini, mengingat kegiatan ini sangat penting dalam pembinaan dan pengembangan saka Bahari khususnya membangun karakter maritim generasi muda. TNI Angkatan Laut Di dinas potensi maritim Angkatan Laut menyelenggarakan kegiatan Pelantara-10 TA 2021 merupakan sebagian upaya TNI Angkatan Laut, dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, yakni dengan pembinaan dan pengembangan saka Bahari dalam kerangka “National Charakter Building” pelayaran lingkar nusantara atau Pelantara .

Kegiatan Pelantara diselenggarakan menyesuaikan kondisi dan mengikuti protokol kesehatan, di lima wilayah Pangkalan TNI Angkatan Laut meliputi wilayah Lantamal II yaitu Lanal Palembang, Lanal Cirebon dan Lanal Bangka Belitung, Lantamal V yaitu Lanal Tegal dan Lantamal VIll Manado, dengan berbagai macam agenda kegiatan untuk membangun karakter generasi muda guna menumbuhkan rasa cinta tanah air, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran sebagai bangsa Maritim

Pada kegiatan tersebut selain itu juga dilaksanakan kegiatan Pembekalan oleh instansi terkait seperti BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata,Dinas Sosial,BNN dan Pembekalan dari Tokoh masyarakat maupun Tokoh Agama dan yang tidak kalah penting dalam kegiatan Pelantara ini juga diberikan pembekalan berupa praktek cara menyulam kain batik dan bendera merah putih.Sehingga akan tertanam jiwa nasionalisme dan kebaharian dlm rangka menanamkan rasa cinta tanah air serta wawasan kebangsaan..

Baca Juga :  Lanal Tegal gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Kegiatan setiap hari para peserta diatur mulai dari bangun pagi,beribadah,olahraga pagi,apel pagi, PBB sampai dengan istirahat malam yg mana dimaksudkan agar para peserta bisa berperilaku disiplin.

“Pelantara-10 TA 2021 yang bertujuan sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan dan kerukunan perdamaian serta menumbuhkan kebangsaan dan berjiwa kemaritiman,” Jelas inspektur upacara.

Dalam kesempatan yang baik ini saya mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Tegal, Forkopimda Tegal, ketua Kwarcab kota Tegal, dan seluruh panitia yang telah dan bekerjasama mendukung serta berpartisipasi pada kegiatan Pelantara-10 TA 2021.

Upacara selesai dilanjutkan dengan poto bersama dan peninjauan monumen tugu perjuangan ALRI CA lV kalibakung tegal. (Tris)

Pos terkait