403 Rumah Warga Akan Diperbaiki

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG- Pemerintah Kota Bandarlampung akan ‘membedah’ sebanyak 403 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada tahun 2020 dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Pemkot Bandarlampung, Provinsi Lampung, dan pemerintah pusat.

“403 unit rumah yang akan dibedah tersebut terbagi di tiga kecamatan yakni di Bumi Waras, Teluk Betung Selatan dan Tanjung Karang,” kata Wali Kota Bandarlampung, Herman HN di Bandarlampung, Selasa (10/12).

Wali Kota menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan tiap tahun dan dimulai dari tahun 2011. Tujuannya membantu masyarakat yang berada di tingkat bawah agar rumahnya lebih bagus.

Herman HN menyampaikan kepada masyarakat yang ingin rumahnya dibedah bangunannya, mereka harus berada di tanah milik sendiri dan bukan sewa serta memang layak untuk dibantu.

Baca Juga :  Kasrem 043/Gatam Dampingi Pangdam II/Swj Sambut Panglima TNI Dan Kabaharkam POLRI

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Yustam Effendi, menambahkan, mereka yang menerima program ini adalah orang yang telah memenuhi kriteria dan memiliki surat kepemilikan tanah (SKT).

“Untuk penerima bantuan tahun depan datanya sudah ada sejak 2016 berdasarkan dari Konsultan Kotaku,” sebutnya.

Akan tetapi, lanjutnya bila ada warga yang memang dianggap itu harus dibantu, Pemkot Bandarlampung menyediakan pembedahan tersendiri untuk mereka.

Yustam mengungkapkan, untuk besaran bantuan dalam program bedah rumah ini sebesar Rp15 juta per satu unit, sedangkan untuk upah tukang senilai Rp2,5 juta dimana sekitar 50 persen dana yang digunakan bersumber dari APBD Bandarlampung.

“Program bedah rumah pada tahun 2019 sebanyak 187 unit RTLH sudah dibangun dan mencapai 100 persen pengerjaannya atau sudah selesai semuanya,” kata dia. (ant)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.