384 CJH Kota Metro Gagal Berangkat ke Tanah Suci

  • Whatsapp

Metro- 384 Calon jemaah haji (CJH) kota Metro dipastikan gagal berangkat ketanah Suci Mengingat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020
tanggal 2 Juni 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji.

Dari Keputusan tersebut disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi. “Jadi tahun ini tidak ada pemberangkatan jemaah haji bagi seluruh warga negara Indonesia,” kata Fachrul saat jumpa pers di Jakarta, Selasa 2 Juni 2020.

Hasil dari surat Kantor Kementrian Agama Wilayah Provinsi Lampung dengan no surat
B-717/Kw.08.4/2/Hj.02/06/2020 tentang
Pembatalan Keberangkatan jemaah
Haji Tahun 1441 H/2020 M. tertuju kepala kantor kementrian Agama kota Metro.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro Nuriyana mengatakan, jumlah CJH Kota Metro yang gagal berangkat ke tanah suci Mekah tahun ini mencapai 384 orang dan kesemuanya sudah lunas dari administrasi dan akan di berangkat tahun 2021, Kamis (04/06).

Baca Juga :  Pemprov Lampung Dorong Elemen di Pedesaan Berkolaborasi Petakan Potensi Desa

Selanjutnya, proses dan tahapan pemberangkatan CJH di tahun 2021 akan diberikan pembinaan berupa manasik (bimbingan tata cara ibadah) haji, termasuk cek kondisi kesehatan.

“Sebelum berangkat, para CJH akan mengikuti tahapan manasik sebanyak sepuluh kali. Dua kali diselenggarakan Kemenag dan delapan kali diselenggarakan KUA (Kantor Urusan Agama),” terangnya.

Sedangkan untuk tahapan cek kesehatan bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit sesuai domisili CJH. (Dh)

Facebook Comments