PDAM Tirta Mulia Pemalang Luncurkan Water Monitoring Center

Tak Berkategori40 Dilihat

Pemalang – Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang telah meluncurkan Water Monitoring Center, sebuah inovasi untuk memonitor aliran air dari sumber hingga ke pelanggan. Menggunakan aplikasi berbasis Internet of Things (IoT) yang dikembangkan secara mandiri, aliran air dapat dipantau secara efektif. Jumat (05/01/2024).

Direktur Utama Perumda, Slamet Efendi, menjelaskan bahwa Water Monitoring Center berperan sebagai pusat integrasi data, mempermudah pelayanan kepada pelanggan. Data yang ditampilkan di pusat ini akan menjadi dasar bagi perusahaan dan manajemen untuk koordinasi, pengambilan keputusan, dan pengendalian kegiatan bisnis.

Slamet Efendi mencontohkan, ketika level air di reservoar turun, ini dapat mengindikasikan gangguan, dan kebijakan dapat diambil oleh tim teknis untuk meminimalisir dampaknya terhadap pelayanan pelanggan.

Water Monitoring Center juga memonitor tekanan air dengan jelas, memungkinkan deteksi dini terhadap gangguan pelayanan atau kebocoran pipa. Aplikasi IoT yang dikembangkan oleh Tim IT Perumda memanfaatkan sensor tekanan air, level air, dan debit air, mengirimkan data secara real-time melalui koneksi internet.

Budi Harsudiono, Manajer IT Perumda, menjelaskan bahwa sistem ini menggabungkan sensor elektronik dengan koneksi internet, menciptakan teknologi terbaru yang memungkinkan pemantauan air secara efisien.

Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang menjadi pelopor di Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan sistem pintar berbasis IoT untuk memaksimalkan pelayanan pelanggan dalam memantau aliran air. (Tris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *