banner 728x250
Tak Berkategori  

Persidangan Kasus Tipikor RSUD Pasaman Barat Dengan Agenda Pledoi Berakhir Menjelang Tengah Malam

Avatar
banner 120x600

Pasaman Barat – Sidang pembacaan pledoi adalah tahap dalam proses peradilan di mana terdakwa atau kuasa hukumnya menyampaikan argumen pembelaan mereka kepada majelis hakim. Pada tahap ini, terdakwa berkesempatan menjelaskan fakta-fakta yang mendukung ketidakbersalahannya atau memberikan penjelasan tentang alasan-alasan yang dapat mengurangi hukuman yang akan dijatuhkan.

Persidangan dalam perkara tindak pidana korupsi pada Pengadilan Negeri Padang memasuki agenda pembacaan pembelaan (pledoi) dari penasehat hukum atas tuntutan jaksa penuntut umum. “Dalam nota pembelaan yang disampaikan pada persidangan, tim penasehat hukum dari terdakwa Yaneman dan Alex yang terdiri dari Dr. H. KMS Herman, SH., MH., M.Si, H.D. Andry Effendy, SH., MH dan Gunawan Liman, SH., MH, Dalam Pers Rilis nya yang di terima redaksi, Selasa (15/8/ 2023) yang berakhir hingga menjelang tengah malam.

pada pokoknya meminta agar majelis hakim yang mengadili perkara ini berkenan memutuskan
1) menyatakan terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan
2) membebaskan terdakwa dari segala dakwaan tersebut (vrijspraak) sesuai pasal 191 ayat (1) KUHAP atau setidak-tidaknya melepaskan terdakwa dari semua tuntutan hukum (onstlaag van alle rechtvervolging) sesuai pasal 191 ayat (2) KUHAP
3) membebaskan terdakwa dari tahanan
4) mengembalikan nama baik terdakwa di masyarakat
5) membebankan biaya perkara kepada negara.

‘Dalam Pembelaan tersebut, yang diajukan oleh tim penasehat hukum terdakwa sehubungan selama persidangan yang berlangsung di pengadilan Tipikor Padang tidak ditemukan fakta-fakta hukum berkaitan dengan peran terdakwa dalam kasus tindak pidana korupsi atas proyek pembangunan RSUD Pasaman Barat,”Ujar Dr. H. KMS Herman, SH., MH., M.Si,

Oleh karena itu harapan tim penasehat hukum jangan sampai terjadi kesalahan dalam putusan pengadilan yang menyebabkan seseorang harus menjalani hukuman atas Kejahatan yang tidak dilakukannya. Sedangkan terdakwa Yaneman dan Alex yang juga mengajukan pembelaan masing-masing secara pribadi juga menyampaikan keinginannya serta mengetuk nurani dan keberanian Hakim agar kiranya berani menjatuhkan putusan bebas terhadap mereka,”harapnya. (Red)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *