banner 728x250
Tak Berkategori  

AWPI Halmahera Utara Kembali Gelar Sosialisasi

Avatar
banner 120x600

Halut – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, kembali menggelar sosialisasi dengan Tema, “Peran Pers Dalam Menangkal Berita Hoax”, pada Jumat 4 Agustus 2023.

Kegiatan yang berlangsung di sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 1 Tobelo menghadirkan narasuber Kepala Dinas Komunikasi, Infomatika dan Persandian (Kominfosan) Halut Reymond Batawi didampingi Ketua DPC AWPI Halut Berthjovi Pangkey dan Kepala sekolah SMP 1 Negeri Tobelo Peter Antonius Tjandua.

Ketua DPC AWPI Halmahera Utara, Berthjovi Pangkey, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan serta tenaga pengajar SMP Negeri 1 Tobelo yang sudah mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan kesadaran bagi siswa dalam memanfaatkan media sosial (medsos) secara baik.

“Terimakasih atas kerjasamanya yang baik sehingga sudah menerima kami teman-teman Jurnalis yang tergabung dalam AWPI Halut untuk bisa melakukan kegiatan sosialisasi di SMP N 1 Tobelo,” kata Jovi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfosan Kabupaten Halmahera Utara, Rymond Batawi dalam paparan materinya menyampaikan perkembangan teknologi memberikan peluang sekaligus menjadi tantangan.

Karena itu, penting bagi setiap siswa menggunakan media sosial sebagai sarana informasi dengan baik. Medsos, saat ini juga dapat menimbulkan sanksi hukum jika menyebarkan berita hoax atau berita dan informasi bohong dan menyesatkan.

“Jerat hukum untuk pemberita hoax itu dapat diancam pasal 28 ayat 1 Undang-Undang ITE dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun atau denda paling banyak 1 (satu) miliar,” jelas Reymond.

Rymond juga mengingatkan kepada siswa di sekolah tersebut agar pentingnya membedakan sajian berita yang benar dan sesuai fakta. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengkonsumsi berita hoax.

“Ciri-ciri berita hoax itu judulnya yang provokatif, cek keaslian foto benar apa tidak dan cermati alamat situs,” papar dia.

Dukungan kegiatan tersebut juga disampaikan Kepala Sekolah Menengah Pertama (Kepsek SMP) Negeri 1 Tobelo Peter Antonius Tjandua, Pihaknya merasa bangga atas pelaksanaan kegiatan sosialisasi dari DPC AWPI Halmahera Utara.

“Saya secara pribadi dan atas nama keluarga besar SMP Negeri 1 Tobelo menyampaikan terimakasi kepada jajaran pengurus AWPI Halut, kerena telah memberikan bekalan positif bagaiman para siswa menggunakan medsos,” ucap Kepsek.

Sebagai informasi, dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga ikut dihadiri Sekretaris AWPI Halut Semi Latumainase, Bendahara AWPI Halut Ronal Muhama dan seluruh anggota. (*)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *