banner 728x250
Tak Berkategori  

Pj Bupati Tubaba Lantik dan Kukuhkan Pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten

Avatar
banner 120x600

Tulangbawang Barat – Penjabat Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M Firsada, M.Si, melantik dan mengukuhkan kepengurusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka kabupaten setempat yang diketuai oleh Kak Ponco Nugroho, ST, Kak Sekretaris Abdurrani, dan Bendahara kak Kasiyan.

Prosesi pelantikan tersebut dipusatkan di Gedung Sesat Agung Bumi Gayo, omplek Islamic Center Tubaba, di Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Selasa siang (25/7/2023) sekitar pukul 13.30 WIB.

Sebelum melantik jajaran pengurus Kwarcab dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Tubaba. Pj Bupati M Firsada bersama jajaran Forkopimda dan kepala OPD dilantik oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung Kak Chusnunia Chalim yang juga menjabat Wakil Gubernur Lampung menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), sedangkan Forkopimda dan kepala OPD menjadi jajaran pengurusnya.

Dalam arahannya, Kak M. Firsada mengatakan Gerakan Pramuka merupakan bagian tidak terpisahkan dari sistem pendidikan pada jalur non formal yang bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan keterampilan yang tinggi, sehat jasmaninya, serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka Gerakan Pramuka diarahkan kepada berbagai program berupa pendidikan mental dan kepribadian, keterampilan, serta karya bakti untuk membantu masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan,” hal ini dikatakan Penjabat Bupati Tubaba M Firsada usai dilantik Kak Chusnunia Chalim selaku Ketua Kwarda Lampung, Selasa siang (25/7).

Menurutnya, di masa lampau, Gerakan Pramuka merupakan salah satu organisasi yang sangat diminati oleh siswa SD hingga SLTA. Saat ini mulai terjadi pergeseran, generasi muda kita mulai tidak tertarik dengan kegiatan kepramukaan.

“Generasi muda kita lebih tertarik kepada kegiatan-kegiatan lain, bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat seperti penyalahgunaan narkotika, perkelahian, pelanggaran hukum, serta melakukan persekusi dalam penyelesaian permasalahan,” ulasnya.

Dari kondisi tersebut, lanjut Kak Firsada, tantangan kepengurusan Gerakan Pramuka saat ini dan masa mendatang cukup berat dan beragam. Salah satunya adalah bagaimana menjadikan kegiatan ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di sekolah menjadi kegiatan yang diminati dan digemari oleh para pelajar.

“Sehingga mereka secara sukarela dan antusias menjadi anggota pramuka aktif di sekolahnya. Upaya ini bukanlah hal yang mudah, tetapi bukan pula hal yang tidak mungkin. Dengan kreativitas, kerja sama, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas kita semua, Insya Allah keinginan itu dapat tercapai,” ajak Kak Firsada.

Pj Bupati mengungkapkan, melihat komposisi kepengurusan yang baru saja dilantik, pihaknya meyakini semuanya memiliki kemauan dan kemampuan untuk memajukan Gerakan Pramuka.

“Kwarcab Tulang Bawang Barat saya harapkan agar terus berupaya meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia, baik pengurus dan Andalan Kwartir, maupun para Pelatih dan Pembina melalui Diklat, pertemuan para pembina, dan pertemuan para pelatih Gerakan Pramuka.

“Dalam mencapai tujuan Gerakan Pramuka, Gugus Depan beserta para pembinanya agar mendapatkan perhatian serius. Kepala sekolah selaku ketua Mabigus agar dimotivasi untuk mengelola Gudep nya dengan baik,” ucapnya.

Sementara Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Lampung, Kak Nunik, memberikan selamat atas dilantiknya jajaran kepengurusan baik Mabicab, Kwarcab, LPK, dan DKC Gerakan Pramuka Tubaba dan berharap kesemuanya dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan sebaik-baiknya dengan bergandeng tangan satu sama lainnya. Serta mengapresiasi Kwarcab Tubaba yang telah aktif melaksanakan berbagai kegiatan positif dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa melalui Gerakan Pramuka.

“Pesan dan harapan kepada yang baru saja dilantik, yang jelas kreatif dan inovatif menjadi kata kunci. Tentu juga ada upaya-upaya agar bisa bergandengan dengan pihak lain, mem-publish ke masyarakat semua hal-hal positif dari Gerakan Pramuka dan melibatkan seluruh kader Gerakan Pramuka untuk menjadi kantor berita penyampai pesan positif,” pintanya.

Gerakan Pramuka Tubaba, Lanjut Nunik, juga dapat terus meningkatkan peran serta dan kepedulian Pramuka dalam masyarakat.

“Seperti bersama-sama menjaga pelestarian lingkungan termasuk di dalamnya bagaimana berperan serta dalam manajemen sampah sampai ke level-level terkecil di lingkungan, berperan aktif dalam menangkal hoax atau berita bohong, pengurangan penggunaan bahan kertas dan plastik, dan hal-hal positif lainnya,” tutupnya.

Pada rangkaian pelantikan tersebut, setelah Ponco Nugroho dilantik menjadi Ketua Kwarcab, Kak Ponco juga langsung melantik dan mengukuhkan kepengurusan Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Tubaba.

Kegiatan tersebut selain dihadiri langsung Wakil Gubernur Lampung yang juga menjabat Ketua Kwarda Lampung, juga dihadiri jajaran pengurus Kwarda Lampung, jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Komisioner KPU dan Bawaslu serta tamu undangan lainnya. (*)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *