banner 728x250
Tak Berkategori  

ODGJ Asal Tidore Yang Dibantu Tim HRP KesMas Telah Berperilaku Normal Sekarang

Avatar
banner 120x600

Malut – Kabar gembira datang dari Tim Haji Robert Pedul iKesehatan Masyarakat (HRP KesMas) di Provinsi Maluku Utara dimana seorang perempuan asal Kabupaten Tidore Kepulauan yang pernah dibantu perawatan di Rumah Sakit Jiwa Pemerintah Maluku Utara di Sofifi, saat ini telah pulang ke rumahnya dan sudah berperilaku normal.

Koordinator Tim HRP KesMas Maluku Utara, Munir Radjabessy mengatakan, dari pantauan yang mereka lakukan benar terlihat adanya perubahan yang sangat bagus dari yang bersangkutan.

“Kalau dulu dianggap mengganggu Masyarakat, saat ini sudah mengurus dirinya sendiri, tahu pentingnya berpakaian bagus dan bersih,” kata Munir menambahkan.

Pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) asli Tidore tersebut dievakuasi oleh Tim HRP KesMas Maluku Utara pada Agustus 2022 dari rumahnya di Tidore ke Rumah Sakit Jiwa di Sofifi setelah berkoordinasi dengan pihak keluarga dan rumah sakit. Lalu, Tim HRP KesMas membantu dan memantau perkembangannya saat dirawat.

Tim dokter RS Jiwa tersebut kemudian
menyatakan yang bersangkutan sudah bisa keluar rumah sakit karena perkembangan yang bagus, dan akhirnya bisa pulang ke rumah pada Oktober 2022.

“Ini adalah hal yang sangat menggembirakan bagi kami jika mendengar orang sakit yang kami
bantu mengalami perkembangan yang bagus, bahkan bisa sehat dan bisa pulang ke rumahnya,” kata Munir yang membawa sejumlah anggota Tim HRP KesMas termasuk dokter dan paramedis,
yang berkantor di Kota Ternate.

Program membantu orang sakit adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Presiden Direktur PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) dimana Tim HRP KesMas yang dibentuk mencari informasi
tentang warga di lingkar tambang PTNHM dan wilayah lain di Maluku Utara yang mengalami sakit parah dan tidak memiliki akses pelayanan kesehatan.

Banyak warga yang telah dibantu, dimana di antaranya mereka yang selama ini hanya terbaring di rumahnya di desa-desa di pedalaman karena tidak memiliki kemampuan untuk berobat.

Ada yang dirawat di Rumah Sakit di Kota Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara, kabupaten dimana PTNHM mengelola tambang emas Gosowong, maupun di rumah sakit di Kota Ternate. Bahkan
tidak sedikit dari orang yang sakit tersebut dievakuasi ke Kota Manado dan Jakarta karena harus mendapatkan perawatan lebih serius.. (*)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *